Laporan : Sandi/Dhani

Cianjur, metropuncaknews.com – Melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.5 Jawa Barat, Kementerian PUPR  langsung terjunkan satu unit Ekskavator. Alat tersebut diturunkan untuk membersihkan tumpukan material longsor. Terutama yang berupa bongkahan batu dan lumpur yang menutupi jalan nasional di Tanjakan Hantap Kampung Citengkor Desa Sukabakti Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur.

Di lokasi sepanjang 6 meter, material longsor menumpuk menutupi jalan. Hingga membuat kendaraan roda empat (R4) maupun roda dua (R2) tertahan macet selama kurang lebih tujuh jam. Dari pukul 19.00 WIB sampai pukul 01.30 WIB, Sabtu (28/11) dini hari tadi.

Kepala PPK 2.5 Jawa Barat, Galih Rakasih mengatakan, satu unit alat berat (ekskavator) sampai lokasi langsung dioperasikan membersihkan material longsor. Adapun dalam pelaksanaannya dibantu anggota Polsek Naringgul serta warga sekitar.

” Alat berat tiba sekira pukul 01.30 WIB dan jalan sudah bisa dilalui dari dua arah. Pembersihan material pun berlangsung sampai siang hari,” ucapnya.

Lokasi Tanjakan Hantap, lanjut Galih, memang rawan terjadi longsor. Kedepannya, pihak PUPR berencana akan melaporkannya terlebih dahulu pada pimpinan untuk didiskusikan dengan pihak Perencanaan dan Pengawasan Satuan Kerja (Satker) Jawa Barat.

” Nantinya apakah penanganan langsung secara permanen atau hanya penanganan pembersihan lereng tebing atasnya saja,” kata dia.

Terakhir Galih mengimbau, agar para pengguna jalan berhati-hati saat melintas di jalur tanjakan Hantap. Karena masih ada material longsoran yang tersisa.

” Material longsor sebetulnya sudah bersih, paling yang tersisa hanya yang kecil-kecilnya saja dan rencananya siang ini akan memasang papan informasi rawan longsor di sekitaran lokasi,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here