Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Di Rancaembe Hutan Wangunjaya KM  STA 220+350 sampai 220+750 Naringgul Cianjur Selatan Jawa Barat, terdapat jJalan sempit sepanjang 400 meter. Kini jalan tersebut mulai dibongkar dan dikikis guna dilakukan pelebaran jalan. Hal tersebut dilakukan pihak Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI sebagai jawaban atas keluhan pengguna jalan.

Adapun kontraktor yang mendapatkan tender proyek tersebut adalah PT. Saneka/Lie Jesin. Proses pengerjaan rencananya akan selesai pada  Oktober 2020.

Hal itu dilakukan setelah Kemen PUPR RI melalui PPK II Wilayah Jabar V, mengabulkan keluhan-keluhan warga pengguna jalan. Merka mengeluhkan adanya Jalan Nasional sepanjang 400 Meter yang menghubungkan Bandung-Cianjur Selatan, Soreang- Ciwidey-Naringgul-Cidaun, sempit.

Selama proses pelebaran jalan, kendaraan roda 2 dan roda 4 maupun lebih harus rela mengantri. Karena sekurangnya 2 jam sekali jalan diberlakukan buka tutup. Semua itu dilakukan guna menghindari adanya kecelakaan atau terkena percikan batu yang dibongkar oleh alat berat.

Kepala PPK II wilayah Jabar V Pitoyo Lorostomo saat dihubungi awak media, Sabtu (11/07) pagi. Membenarkan adanya pelebaran tebing Rancaembe yang masuk jalur Jalan Nasional. Pengerjaan proyek pelebaran tebing itu sudah dimulai dan diharapkan bisa selesai  antara Oktober sampai Nopember mendatang.

” Desain pelebaran tebing Rancaembe ini, hampir sama dengan desain tebing Tanjakanmala atau tebing hijau, nantinya akan dipasang kawat baja penahan dinding longsoran yang pungsinya untuk menahan longsor,” jelasnya.

Ia melanjutkan, untuk bahu kanan-kiri jalan 1 m, lajur 6 m dan drainase supaya tidak ada genangan air di jalan.

” Kami mengimbau pada para penguna jalan agar berhati-hati apabila melintasi lokasi pelebaran jalan, mohon untuk mengikuti aturan yang sudah diterapkan, seperti adanya jadwal buka tutup jalan selama pengerjaan berjalan, jadi jangan sampai memaksa ataupun menerobos,” ujarnya.

Terakhir Pitoyo mengatakan, dari pihak Kementrian PUPR,PPK II wilayah V jabar, sampaikan permohonan maaf pada para penguna jalan dan warga atas ketidak nyamanannya atau terganggu saat perjalanan hendak melewati jalan Rancaembe.

” Kalau sudah bagus dan lebar tidak sempit lagi toh yang menikmatinya juga warga pengguna jalan, tidak ada lagi kemacetan saat berpapasan di jalan Rancaembe ini,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here