Pengukuhan Tim Penpora di Hotel Grand Bydil Cianjur

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, mengukuhkan kini tim pengawas orang asing (PENPORA). Acara tersebut digelar di Grand Bydiel, Kabupaten Cianjur, Selasa (19/3).

Banyaknya keberadaan orang asing di Kabupaten Cianjur, maka sangat diperlukan adanya tim pengawas orang asing yang ada di Kabupaten Cianjur.  

Kepala Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Liberti Sitinjak mengatakan, untuk daerah Jawa Barat harus segera membentuk tim PENPORA.

” Kami berharap seluruh pemerintah daerah di Jawa Barat bisa segera berkolaborasi untuk membentuk Tim Pora. Pengawasan orang asing ini bukan hanya tanggung jawab Kementerian Hukum dan HAM saja, tapi juga seluruh stake holder,” kata Sitinjak.

Untuk itu, lanjutnya Sitinjak, Pemkab Cianjur dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) lainnya, harus bisa berkolaborasi membentuk Tim Pora.

” Untuk itu, pada 21 April nanti, akan dibentuk juga Tim Pora di Bandung,” katanya.

Menurut dia, wilayah Jawa Barat ini relatif luas. Maka harus fokus di Tim Pora, karena lebih kepada potensi yang terindikasi banyaknya aktivitas orang asing.

” Jawa Barat itu wilayah yang sangat luas. Karena itu butuh kolaborasi dengan pemerintah daerah maupun unsur Forkompimda,” katanya.

Sementara Asisten Daerah I Setda Kabupaten Cianjur, Asep Suparman mengatakan, pembentukan dan pengukuhan Tim Pora merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 50/2016 tentang Tim Pengawasan Orang Asing. Pemkab Cianjur. kata Asep, yang mengapresiasi Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Sukabumi yang berinisiatif membentuk dan mengukuhkan Tim Pora.

” Tim Pora yang dibentuk ini, dapat melaksanakan tugas keimigrasian yang terkoordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing, khususnya di Cianjur,” kata Asep.

Tidak hanya sampai disitu saja, tetapi bagaimana caranya harus terbentuk PERPORA di tingkat Kecamatan, guna mencapai efektif dan efisien.

” Ke depan pengawasan terhadap orang asing betul-betul berjalan efektif dan efisien,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here