Pecanagan Pananaman Pohon Seumur Hidup di Desa Wangunjaya

Laporan : Shandi/Cece

Cianjur, metropuncaknews.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sosialisasikan penanaman pohon selama hidup. Hal itu dilakukan dalam rangka pengendalian kerusakan DAS Citarum tahun 2018. Kegiatan tersebut dilaksanakan di blok Pasir Gagak Desa Wangunjaya Kecamatan Cugenang, Cianjur Jawa Barat, Sabtu (3/11).

Adapun yang dilakukan dalam sosialisasi tersebut, penanaman bibit 25 pohon selama hidup. Penyerahan simbolis pohon kepada kelompok tani penerima bantuan bibit produktif dan kelompok tani hutan serbanguna.

Sebagai pengisi acara, Menteri Lingkungan Hidup Indonesia, Ibu Dr. Siti Nurbaya, M.Sc, Gubernur Jawa Barat, Wakil Bupati Cianjur H. Herman Suherman, Dirjen Pengendalian DAS dah Hutan Lindung, Kepala Balai BPDASHIL Citarum Ciliwung, Pegiat Lingkungan dan aktifis lingkungan hidup Ananda Tohpati.

Daftar undangan VVIP, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Gubernur Jawa Barat, Dirjen PDASHL, sekdirjen PDASHL, Bupati Kabupaten Cianjur (diwakilkan), Tripika SKPD di Kabupaten Cianjur. Dan VIP, Kadis Regional Perum Perhutani Jabar Banten, Eselon II di Ditjen Provinsi Jabar dan kepala SKPD Kabupaten Cianjur.

Sebagai peserta yang dilibatkan, 10 kelompok tani. Penerima bantuan bibit produktif di Kabupaten Cianjur sebanyak 150 orang, 1 kelompok tani pelaksana kegiatan hutan serbanguna sebanyak 15 orang, pelajar SD dan SMP sewilayah Kecamatan Cugenang, kelompok tani hutan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dan LMDH di Perum Perhutani Wilayah KPH Cianjur.

Teknis kegiatan yang dilakukan, pertama Menteri LHK disaksikan bersama-sama oleh Dirjen PDASHL serta Bupati Cianjur, memberikan bantuan bibit produktif kepada 10 kelompok tani serta memberikan bantuan pelaksanaan kegiatan hutan serbanguna di Kabupaten Cianjur. Selanjutnya, Menteri LHK/PDASHL memberikan arahan tentang gerakan penanaman 25 pohon selama hidup. Kemudian, penanaman pohon bibit produktif di Desa Wangunjaya Kecamatan Cugenang dalam rangka mendukung program bupati Cianjur tentang penghijauan lingkungan.

Menanggapi kegiatan aksi menggelar penanaman 25 pohon buah selama hidup yang dilaksanakan siang itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Siti Nurbaya, M.Sc mengatakan, hal tersebut dilakukan dalam rangka pengendalian kerusakan daerah aliran sungai (DAS) Citarum.

” Aksi penanaman 25 pohon selama hidup ini  dalam rangka pengendalian kerusakan DAS Citarum tersebut bertujuan untuk mengantisipasi terjadi kerusakan pada saluran-saluran air yang mengaliri langsung ke Citarum, salah satu aliran utama air yang mengaliri ke Citarum adalah wilayah DAS yang ada di Desa Wangun Jaya, yang tembusannya langsung ke DAS di Warungdanas, Maleber dan berakhir di Citarum,” kata Dr. Siti N.

Maka dengan adanya penanaman 25 pohon ini, diharapkan masyarakat turut serta untuk ikut melakukan penanaman pohon tersebut, ungkapnya saat ditemui di hutan lindung Desa Wangun Jaya.

Ditemui seusai kegiatan Wabup Cianjur H. Herman Suherman mengatakan, semoga kedepannya Desa Wangunjaya, bisa menjadi ikon bagi desa-desa yang lainnya. Karena di Desa Mangunjaya akan dibangun hutan serbaguna dan desa wisata. “ Mengenai jalan untuk mendukung pembangunan hutan serbaguna ini, akan kami lakukan pembangunan dan pelebaran jalan,” kata H. Herman.

Sementara Kepala Desa Wangunjaya Kecamatan Cugenang Misbahudin, menuturkan, “alhamdulillah kita selaku pemerintah desa, saat sudah melakukan koordinasi dengan warga masyarakat dan kelompok tani. Khususnya masyarakat yang ada di Desa Wangunjaya, yang sangat antusias dan siap bekerjasama bareng-bareng dengan pemerintah desa,”.

Selanjutnya, Misbahudin mengajak seluruh masyarakat, untuk melakukan apa saja demi terwujudnya pembangunan hutan serbaguna ini, sebagai mana yang diarahkan oleh Ibu Dr. Siti Nurbaya M.Sc dari Kementrian LH dan pak Wabup Cianjur H. Herman S.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here