Kang Dedi Mulyadi, nampak dudk santai dan berbincang-bincang dengan keluarga Yanto yang tinggal di kandang domba

Liputan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Pasutri Yanto Sugianto dengan Yanti Susilawati yang memiliki 4 orang anak, warga Kampung Kepuh RT 02 /13, Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, selama tiga tahun menghuni gubuk bekas kandang domba. Keadaan keluarga Yanto itu, rupanya sampai juga ke mantan Bupati Purwakarta yang juga mantan Calon Wakil Gubernur Jabar berpasangan dengan Dedi Mizwar.

Kang Dedi Mulyadi demikian sapaan akrabnya, merasa terpanggil untuk membantu keluarga Yanto agar bisa hidup layak tidak tinggal dibekas kandang domba. Untuk itu, Kang Dedi didampingi Sekretaris DPD Golkar Jabar Drs. H. Ade Barkah Surahman M. S,  beserta rombongan, mendatangi kediaman Yanto, Rabu (4/7).

Kang Dedi begitu melihat kondisi tempat tinggal Yanto, langsung memberikan bantuan untuk pembangunan rumah. Tidak hanya itu saja, setelah pembangunan rumah selesai Kang Dede akan memberi bantuan ternak domba dan memberikan dana bantuan untuk jual beli ayam.

Sementara itu, Kang Dedi yang juga Ketua DPD Golkar Provinsi Jawa Barat, saat dihubungi awak media  mengatakan, pihaknya datang untuk melihat langsung sekaligus melawat pasutri Yanto Sugianto dengan Yanti Susilawati. Karena terbetik kabar, pasutri yang kesehariannya kuli nyabit rumput dan jual beli ayam kampung dengan modal milik orang lain ini, sudah bertahun-tahun tinggal di bekas kandang domba.

Hal tersebut diketahui berdasarkan informasi dari kader Golkar yang ada di Kecamatan Ciranjang. Setelah melihat langsung kadaan keluarga Yanto, pihaknya merasa prihatin. Hingga Kang Dedi memberi bantuan untuk membangun rumahnya dan juga akan diberi ternak domba dan diberi sedikit modal untuk jual beli ayam.

Kang Dedi menegaskan, kunjungan pada  masyarakat di setiap peloksok daerah yang ada di Jawa Barat, itu dilakukan tiap hari.  Tidak hanya ke Ciranjang, Cianjur, tapi juga akan berkunjung ke Kerawang, Bekasi dan Ke Subang.

“ Karena berbagi dengan masyarakat itu, tidak ada kaitannya dengan politik atau Pilkada, tapi ini benar-benar kepedulian terhadap sesama masusia yang notabene masyatakat kurang beruntung,” kata Kang Dedi pada awak media.

Kang Dedi menambahkan, kunjungan pada masyarakat yang ekonomiya lemah, akan terus dilakukannya selama rizki masih ada.  Sebab  berbagi dengan warga kurang beruntung, itu dianjurkan Allah SWT. ” Selagi rizki masih ada akan terus melakukan  kunjungan, dan berbagai dengan warga Jawa Barat, dengan harapan dapat  meningkatkan sosial ekonominya,”  kata Kang Dedi seraya menambahkan, ia pun akan terus melakukan safari budaya  ke setiap desa yang ada di Jawa Barat.

Sementara itu, Kepala Desa Cibiuk, saat ditemui di ruang kerjanya Yandi Ruhyandi Z  mengatakan, mendengat datangnya Kang H. Dedi Mulyadi, H. Ade Barkah Surahman beserta rombongan, pihaknya merasa kaget. Hanya kebetulan saat itu, ia sedang menghadiri acara Cianjur Ngawangun Lembur (CNL) di Desa Gunungsari, Kecamatan Ciranjang.

Karena itu, Kades Cibiuk mohon maaf karena tidak tahu sama sekali, akan kedatangan Kang Dedi beserta rombongan ke Desa Cibiuk untuk mermbatu warga Cibiuk yang hidupnya sangat memprihatinkan.

“ Semoga saja kepedulian kang  Dedi Mulyadi dibalas Allah SWT, mohon maaf dan ucapan terima kasih pada Kang Dedi Mulyadi beserta rombongan, yang telah membantu membangunkan rumah layak huni bagi warga Desa Cibiuk,” ucap Yandi.

Dilain pihak, kepala eluarga yang menghuni kandang domba, Yanto Sugianto (50) mengatakankan, ia menhuni bekas kandang domba kurang lebih  selama 3 tahun dan telah memiliki 4 orang anak.

Sedangkan usaha sehari hari, hanya kuli nyabit rumput untuk tenak dengan upah Rp. 20 ribu. “ Karena itu untuk tambahannya mencari ayam kampung dan bebek untuk dibeli dengan modal milik bandar, semua itu hanya cukup untuk makan saja,” ungkap Yanto.

Selanjutnya Yanto mengatakan, kedatangan Kang Dedi Mulyadi dan Ade Barkah beserta rombongan, ia merasa kaget dan tak banyak yang bisa ucapkan. Yanto terlihat bengong, apalagi saat mendengar langsung akan dibangunkan rumah, diberi ternak kambing dan modal usaha, itu benar-benar membuat dirinya terkesima.

” Saya kaget bercampur bahagia hingga saya tak bisa berkata apa-apa, hanya mengucapkan terima kasih pada Kang Dedi Mulyadi, Pak Ade Barkah yang telah peduli pada saya sekeluarga,” kata Yanto dengan suara parau menahan tangis bahagianya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here