Laporan :Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Pasca panen musim tanam (MT) 1 tiba, keluarga besar Bani Basyari warga Kampung Pasir Angin, Desa Nanggalamekar Kecamatan Ciranjang, gelar acara papajar. Acara tersebut digelar dengan ditandai makan nasi liwet bareng di sawah yang tanaman padinya sudah dipanen, Minggu (21/3/2021).

Acara tersebut digelar, selain salah satu bentuk syukuran pada Sang Pencipta   juga sekaligus melaksanakan papajar yang merupakan budaya  warga setempat dalam menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan.

Salah seorang cucu Mama KH. Muhammad Basyari, Fadli (46) menegaskan, acara tersebut digelar keluarga besar Bani Basyari merupakan salah satu bentuk syukuran pada Allah Swt.

Karena beberapa hari yang lalu telah selesai melaksankan panen padi MT1. Selain itu juga melaksanakan Papajar  yang merupakan budaya Sunda saat menyambut bulan suci ramadhan dan  musafahah saling minta maaf lahir dan bathin.

Sementara itu, masih cucu Mama KH Basyari warga Kampung Pasir Angin , Iis Latifah SE (28) mengatakan, pihaknya mengaku sengaja datang dari rantau menemui keluarganya setiap menjelang bulan suci ramadhan dan sekaligus untuk ikut acara Papajar.

“ Makan nasi liwet di sawah bareng bersama sanak saudara, tetangga, sangat senang dan juga benar heboh, semoga seluruhnya bisa melaksanakan ibadah puasa dengan baik, lancar dan penuh dengan rahmat illahi,” tuturnya.

Dilain pihak cucu Mama KH Basyari dari putra ke 3 Agus Nugraha (26) menambahkan, pihaknya mengaku sengaja pulang dari Karawang. Maksudnya tiada lain ingin bertemu dan berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman dalam acara Papajar.

Ia  merasa bersyukur, karena bisa berkumpul dengan keluarga, sanak saudara, handai taulan dan masyarakat setempat. Selain itu pihaknya mengucapkan terima kasih pada semua pihak,. “ Semoga panen padi yang akan datang lebih beruntung dibanding sebelumnya dan mohon maaf lahir batin, karena sebentar lagi akan melaksankan ibadah puasa,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here