Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Keluarga Aa Apep S, Warga Kampung Bundar RT 01 /01, Desa Hegarmanah Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur, bagikan santunan pada 50 orang anak Yatim serta puluhan duafa dan jompo, Senin (3/5/2021).

Santunan tersebut, dibagikan di dalam ruangan Madrasah yang tak jauh dari rumah tinggal Aa Apep S. Setelah santunan dibagikan seluruh yang hadir diwajibkan ikut buka bersama. Kegiatan tersebut tidak terlepas dari penggunaan Prokes Covid 19. Yaitu  cuci tangan, bemasker, jaga jarak dan Prokes lainnya.

Aa Apep S (40) menjelaskan, berbagi sedikit rizki terhadap anak yatim, dzuafa dan jompo,  itu merupakan kewajiban kita bersama. Karena hal itu telah tersurat dalam Alquran dan tersirat dalam hadist Nabi Muhammad Saw.

” Barang siapa yang berbagi pada anak yatim, dzuafa dan jompo atau yang membutuhkan, niscaya Allah Swt akan membalasnya berlipat ganda,” jelasnya.

Mengingat hal tersebut, maka pihaknya beserta keluarga sudah biasa melakukan hal tersebut. Utamanya pada bulan suci Ramadhan seperti sekarang. Karena bulan suci ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan hikmah. 

Selain itu sambung Apep, pihaknya masih memiliki program terusan berbagi. Yaitu dua hari menjelang idul fitri pihaknya akan melakukan hal sama. Khususnya pada anak yatim yang bukan warga setempat.

Sebelum dilakukan pemberian santunan berupa uang, pihaknya memberikan dulu tausiyah pada anak yatim, dzuafa dan jompo yang hadir. Khususnya mengenai cara beribadah dan harus mematuhi Prokes Covid 19. “ Supaya mampu melaksankan ibadah shalat, ngaji dengan benar juga terindar dari Covid 19,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Desa Hegarmanah mengatakan, dengan dilaksankannya pemberian santunan oleh keluarga Aa Apep S, pihaknya mengapresiasi. Semoga saja hal tersebut banyak yang mengikutinya. Karena kegiatan berbagi tersebut, merupakan perbuatan terpuji dan bermanfaat bagi mereka. Selain itu, pihaknya secara kelembagaan, akan membagikan santunan pada anak yatim, dzuafa dan jompo yang waktunya dua hari  menjelang hari rdul fitri. “ Tempatnya di Kampung Sukamanah Desa Hegarmanah,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here