Pembangunan TPT yang dibangun Kelompok P3A Mitracai Ciraten

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Area pesawahan seluas 32 Ha di Blok Kampung Ciirageun, Desa Hegarmanah, Kecamatan Sukaluyu, Cianjur, tiap musim kemarau selalu kekurangan air. Hingga hasil panen padinya selalu menurun hingga 30 persen.

Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan hasil panen padi milik para petani. Namun tetap masih belum berhasil. Karena itu Kelompok P3A Mitracai Ciraten berupaya memperbaiki dengan membangun Tempok Penyangga Tanah (TPT) saluran irigasi tercier sepanjang 500 meter, lebar 30 Cm dan tinggi 50 Cm. Hal itu dilakukan supaya aliran airnya sampai ke sawah yang berada dibagian ilir.

Ketua Kelompok P3A Mitra Cai Cirateun Mahpud Hobir (50) mengatakan, upaya untuk meningkatkan hasil pertanian padi memang cukup rumit. Tidak bisa hanya mengandalkan pola tanam dan pemupukan yang baik saja. Tapi faktor normalisasi saluran air juga sangat penting untukdiperhatikan.

Seperti yang tengah dilakukan sekarang, pihaknya sedang sibuk membangun TPT saluran irigasi tercier yang membentang di tengah sawah blok Ciraten.

Pembangunan TPT tersebut, diperkirakan  akan mampu mengairi lahan sawah seluas 32 Ha. Sedangkan biaya pembangunan TPT tersebut, didapat dari dana bantuan hibah  APBN melalui Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS) yang diusung salah seorang anggota DPR RI dari Fraksi PKB.

Maka dengan itu, pihaknya optimis pada musim tanam padi yang akan datang seluruh petani hasil panen padinya akan meningkat dibanding musim tanam sebelumnya. “ Karena aliran air dari hulu sampai hilir aliran airnya akan masuk keseluruh lahan sawah dengan merata,” ucap Mahpud.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Hegarmanah, Ustadz Unan (40) menambahkan, dengan adnya dana bantuan hibah dari APBN, untuk pembanguna TPT saluran irigasi tercier, pihaknya mengucapkan terima kasih pada pemerintah pusat, provinsi, BBWS dan pada  Pemkab Cianjur, yang telah peduli pada para petani.

Pihaknya merasa bersyukur, karena lahan sawahnya yang berada dibagian hilir, pada musim tanam yang akan datang akan kebagian air. Seperti lahan sawah  yang berada dibagian hulu.

“ Semoga saja hasil panen padinya nanti meningkat sesuai harapan semua pihak, hingga para petani kesejahtraannya meningkat,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here