Launching layanan onlinepengambilan barang bukti di Kejaksaan Negeri Cianjur

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Kejaksaan Negeri Cianjur lounching kendaraan operasional barang bukti dan layanan penitipan barang bukti. Selain itu, juga pengembalian barang bukti secara online melalui chat aplikasi whatsaap, secara gratis, Senin (25/2).

Pelaksanaan kegiatan berlangsung di halaman kantor Kejaksaan Negeri Cianjur. Proses pengembalian barang bukti tersebut diklaim cepat dan tak dipungut biaya.

Program tersebut bertujuan untuk mewujudkan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani (WBBM) pada seksi pengelolaan barang bukti dan barang rampasan Kejaksaan Negeri Cianjur.

Seusai kegiatan lounching, Kepala Kejari Cianjur Yudhi Syufriadi mengatakan, acara penyerahan barang bukti ini merupakan lanjutan pencanangan dalam rangka ‘kejaksaan wilayah bebas korupsi dan melayani warga Cianjur’.

” Hari ini kami launchingkan pelayanan pengembalian barang bukti melalui online, untuk warga yang memiliki sangkut paut dengan barang bukti, silahkan bisa melalui sms atau Whatsaap ke no yang kami sediakan untuk mengajukan pengambilan,” kata Yudhi.

Lanjutnya, ketika sudah inkrah pemohon atau warga sudah bisa melengkapi persyaratan dan mengikuti ketentuannya. Maka barang yang menjadi jaminan tersebut bisa diambil secara gratis, untuk semua katagori barang bukti. “ Baik kasus pidum maupun pidsus,” tandasnya.

Sementara Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Sitaan, Ema Siti Huzaemah Ahmad SH MH, mengatakan, sistem mekanisme dan prosedur pelayanan bisa dilakukan dengan cara pemilik menghubungi Kasubsi barang bukti melalui sms atau Whatsaap di nomor 081927131375.

“ Kasubsi barang bukti sebagai petugas akan memberitahukan status hukum barang bukti kepada pemilik,” ujar Emma.

Namun apabila masih dipergunakan pada proses persidangan atau masih dipergunakan dalam perkara lain, maka Kasubsi barang bukti akan memberitahukan kepada pemilik.

“ Apabila sudah memiliki kekuatan hukum tetap atau tak dipergunakan dalam perkara lain, maka akan segera diberitahukan kepada pemilik beserta apa saja dokumen yang diperlukan oleh Kasubsi barang bukti,” pungkasnya. 

Sebagai simbolis lounching pelayanan pengembalian barang bukti online, pada kesempatan itu Kejaksaan Negeri Cianjur menyerahkan satu unit kendaraan berjenis truk kepada Ujang (52) selaku pemilik kendaraan tersebut.

” Pengambilannya mudah pak, seminggu yang lalu saya mendatangi kantor Kejaksaan menemui Kasubsi barang bukti, terus diarahkan dan saya pun melengkapi persyaratannya, dan alhamdulillah sekarang dikembalikan mobilnya,” kata Ujang dengan wajah sumringah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here