Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Nampaknya, keingin warga unutuk pamekaran Desa Ciranjang Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur Jawa Barat, terus menggeliat. Terbukti dengan telah terbentuknya Presidium Pamekaran Desa Ciranjang. Melalui presedium inilah warga terus berjuang untuk membagi dua wilayah Desa Ciranjang. Alasannya, karena jumlah penduduk sudah hampir mencapai 20 ribu jiwa dan luas wilayah memadai. Maka dengan dimekarkan, pelayanan masyarakat akan lebih cepat. Selain itu juga akan ada pemeratakan berbagai pembangunan.

Menurut keterangan, mulanya perjuangan Presedium dipandang sebelah mata oleh pihak BPD dan Pemerintahan Desa Ciranjang. Hingga aspirasi dicetuskan pihak presedium kurang direspon. Namun setelah melakukan beberapa upaya, baik mengirim surat pada Camat Ciranjang, yang ditembuskan pada Pemkab Cianjur dan pada berbagai pihak. Baru keberadaan presedium mendapat perhatian.

Hingga tak lama kemudian, pihak BPD Ciranjang, Selasa (30/07) menjadi fasilitator menggelar rapat. Yaitu mempertemukan presedium dengan Kepala Desa Ciranjang. Acara tersebut digelar di aula Desa Ciranjang dan dihadiri Camat Ciranjang.

Setelah salah seorang anggota Presedium Aep Saepulloh membacakan maksut dan tujuan dimekarkannya Desa Ciranjang secara jelas dan terperinci. Atas masukan tersebut, Kepala Desa Ciranjang, menyambutnya dengan baik dan langsung menyetujui pamekaran Desa Ciranjang.  

Maka dengan adanya persetujuan dari pihak BPD dan Kepala Desa Ciranjang, pihak Presedium beserta para tokoh masyarakat yang hadir terlihat sumringah. Mereka menyambut antusias atas ucapan Kepala Desa Ciranjang yang menyatakan setuju dan mendukung pamekaran Desa Ciranjang.  

Setelah itu, pihak Presedium akan terus berupaya melangkah ke pihak Pemkab Cianjur dan DPRD Kabupaten Cianjur. “ Supaya Pamekaran Desa Ciranjang dipercepat,” ucap Aep Saepulloh, kemarin. 

Sementara itu, Kepala Desa Ciranjang, H. Deden Efendi menjelaskan, setelah dilaksanakannya pertemuan dengan Preaedium Pamekaran  Desa Ciranjang yang difasilitasi BPD dan disaksikan Camat Ciranjang, pihaknya sangat paham dan menghargai hak warga. Karena keinginan masyarakat yang sekiranya dianggap positif demi kemajuan masyarakat maka pihaknya menyetujuinya.

Selanjutnya mengenai batas – batas wikayahnya itu akan ditentukan kemudian setelah adanya hasil pengkajian dari berbagai pihak. Utamanya dari pihak ahli dan Pemkab Cianjur. 

” Saya setuju wilayah Desa Ciranjang dimekarkan, asal demi kemajuan dan kesejahtraan masyarakat Ciranjang yang penting tidak ada pihak yang dirugikan atau yang diuntungkan,” ujar Deden.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here