Pembinaan * Sosialisasi SIBAUNDA fi Desa Ciwalen

Laporan Cece

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemerintahan Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur, melakukan pembinaan dan sosialisasi Sistem Informasi Badan Usaha Milik Desa (SIBUNDA). Acara tersebut digelar di auala Desa Ciwalen dan dihadiri Camat Warungkondang Candra Dwi Kusumah SH, Hj. Dewi Sartika S.Ip,M.Si selaku project leader SIBUNDA Kecamatan Warungkondang, para kepala desa dan masyarakat setempat,  Rabu (21/11).

Menurut keterangan, kegiatan tersebut digelar sebagai tambahan pengetahuan bagi pengawas dan masyarakat untuk mengevaluasi pelaksanaan pembangunan fisik dan non fisik di setiap desa dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Selain itu juga, sebagai pengawasan terhadap Bumdes. Seperti, salah satunya mengenai bantuan keuangan dari pusat untuk Bumdes yang merupakan penyertaan modal untuk meningkatkan perekonomian desa.
Dewi menjelaskan, apabila penyertaan modal tersebut tidak dibina dan diawasi dengan baik, maka akan mengakibatkan terjadi penyelewengan yang tidak diharapkan.

” Untuk itu dengan terobosan baru dibuat aplikasi khusus dengan Sistem informasi Badan Usaha Milik Desa ( SIBUNDA) diharapkan hal ini akan mempermudah pengawasan dan pelaporan dari Bumdes, karena diyakini laporan dan pembinaan berbasis aplikasi akan lebih cepat dan akurat,” jelas Dewi.

Lebih lanjut Dewi mengatakan, aplikasi ini juga bersifat online. Sehingga bisa di buka lewat HP Android dan bisa melihat usaha Bumdes yang ada di desanya masing masing.
Karena dengan majunya Bumdes, masih kata Dewi, bisa menjadikan perekonomian desa maju dan mandiridan aplikasi ini tentu saja tidak lepas dari dukungan semua pihak serta dukungan stakeholder terkait yaitu Kepala DPMPD dan Kepala Diskominfo.

” Semoga dengan adanya Apkikasi SIBUNDA kedepannya perkonomian masyarakat desa yang ada di Kecamtan WarungKondang akan lebih maju,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here