Laporan: Iriyanto

Cianjur, metropuncaknews.com
Pemerintah Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, sekarang tengah gencar melakukan monitoring dan evaluasi (monev) ke setiap desa

Monev tersebut, mengenai pelayanan dan penggunaan program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa diantaranya setiap desa mengalokasikan dana desa (DD) tahun anggaran 2021.

Camat Haurwangi H. Adang Sumaryadi didampingi Sekretaris Camat (Sekcam) Haurwangi Dadang Gumara menerangkan, pelaksankan monev kesetiap desa, itu dilaksanakan secara bergantian ke setiap desa, mengecek langsung pembangunan fisik, administrasi keuangan juga pelayanan lainnya.

Karena Monev tersebut, sebagai salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa, agar sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Tujuan Monev mengecek pelaksanaan pembangunan di setiap yang mengalokasikan DD, agar tidak terjadi penyimpangan, agar aparat desa bisa tertib dalam melaksanakan administrasi program pembangunan.

“Pelaksanaan monev baru di empat desa yang ada di Kecamatan Haurwangi, yang telah dilaksanakan sejak hari Jum’at lalu.
Dan kemarin, senin (01/11/21) memasuki hari ke dua melakukan monev di Desa Mekarwangi dan Desa Kertasari”.

Anggaran DD tersebut, diterapkan untuk perbaikan infrastruktur berupa peningkatan jalan desa, Tembok Penaha Tanah (TPT) dan lainya.

“Monev program pembangunan yang menggunakan dana desa sesuai arahan Bupati Cianjur, pihaknya berpesan agar anggaran DD yang dikucurkan pemerintah pusat ke setiap desa, itu dalam rangka percepatan pembangunan desa yang berdampak positif dalam kesejahteraan masyarakat, “

Sementara itu, Kepada Kepala Desa Mekarwangi Cecep Surahman menambahkan, ketika monev Camat Haurwangi berpesan pada pihak terkait yang ada di setiap desa bahwa menerapkan DD harus sesuai spek dan bermanfaat untuk seluruh eleman masyarakat.

Pihaknya menerima dengann legowo semua masukan dari tim monev yang telah dilaksankan barusan, kades dan seluruh aparat pemerintah desa Mekarwangi akan segera menindak lanjuti semua masukan dan saran yang di sampaikan dari tim monev kecematan dan pendaping desa.

Kami mengucapkan terimakasih kepada camat dan pendaping desa serta tim lainnya yang telah memberikan masukan dan sarannya. “Kami selaku Kepala Desa, akan segera menindak lanjuti penyampaian materi barusan pada seluruh pengkat desa dan pada TPK Desa Mekarwangi,” Pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here