Mencari suasana baru, Rakor Kec. Haurwangi diselenggarakan di Saung Sawah

Liputan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Setiap sebulan sekali, Pemerintahan Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor). Kegiatan tersebut dikuti, Kapolsek, Danramil, para kepala desa, para Kepala OPD, Ketua Tim Penggerak PKK tingkat desa dan para kepala/ketua lembaga lainnya yang ada di kecamatan setempat.

Camat Haurwangi, Iwan Karyadi menjelaskan, Rakor Kecamatan Haurwangi  dilaksanakan tiap sebulan sekali dengan cara berkeliling ke setiap desa. Biasanya kegiatan Rakor dilaksanakan di aula desa.

Memang rutinitas pekerjaan itu kadang bisa membuat jenuh. Maka untuk menghilangkan rasa jenuh dan sekaligus mencari suasana baru, Rakor Kecamatan Haurwangi kali ini yang dilaksanakan di Desa Mekarwangi nampak berbeda.

Pasalnya, Rakor di Desa Mekarwangi itu tidak diselenggarakan di aula desa. Tapi di saung sawah milik salah seorang petani yang lokasinya berada di belakang kantor Desa Mekarwangi.

Meski demikian, acara Rakor tersebut terlaksana dengan baik, tertib, aman dan lancar. Karena seluruh peserta Rakor terlihat nyaman, fokus dan juga terkesan hidup. Pertanyaan dan saran pendapat tersalurkan secara terperinci juga jelas dan tepat sasaran.

Melihat kenyataan tersebut, hampir seluruh kepala desa yang ada di Kecamatan Haurwangi mengatakan, kedepannya akan melaksanakan Rakor diluar ruangan. Di tempat terbuka seperti saung sawah atau di lahan luas bawah pepohonan.

“ Hal itu, sah-sah saja yang penting materi Rakor seluruhnya tersampaikan dengan jelas. Hingga nantinya bisa direalisasikan pihak pemerintahan desa, lembaga dan sampai pada masyarakat di setiap desa yang ada di Kecamatan Haurwangi,”  ucap Iwan Karyadi.

Sementara itu, Kepala  Desa Mekarwangi, Cecep Surahman menambahkan,  Rakor Kecamatan Haurwangi dilaksanakan di saung sawah, atas dasar permintaan dari seluruh Kepala Desa. Karena menurutnya, rapat di dalam ruagan,  aula desa, itu benar membosankan,  jenuh, dan kadang kurang konsentrasi. Hingga akhirnya materi Rakor  kurang banyak diserap peserta Rakor.

Karena itu, Cecep mencoba untuk menyelenggarakan Rakor yang tempatnya di saung sawah. Ternyata benar adanya, Rakor tersebut terlaksana dengan nyaman, aman dan tertib. Bahakan acara rapat terkesan hidup. Hal itu pada sesi tanya jawab, banyak pertanyaan dan saran yang dilontarkan pada pihak kecamatan.

” Pelaksanaan Rakor Kecamatan tersebut, akan banyak ditiru kades lainnya yang ada di Kecamtan Haurwangi, sebab terkesan dekat antara Camat, para OPD Kecamatan dengan para kepala desa,” jelas Cecep pada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here