Warga dan aparat pemerintahan Kecamatan Cugenang, bahu membahu membersihkan longsoran yang menutup jalan

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Intensitas hujan yang tinggi pada Kamis malam (1/3) kemarin, menimbulkan banyak titik longsor di empat desa di Kecamatan Cugenang. Sehingga dapat dikatakan Kecamatan Cugenang adalah daerah rawan longsor.

Informasi yang dapat dihimpun berdasarkan laporan dari tempat kejadian terdapat empat desa yang terkena musibah longsor. Berikut nama-nama desanya, Desa Wangunjaya, Cijedil, Mangunkerta dan Cibulakan.

Trantibmas Kecamatan Cugenang A. Rahmat mengatakan, pasca terjadinya hujan deras kamis malam, pihaknya menerima laporan dari masyarakat melalui kepala desanya. Yakni terjadi longsor di beberapa titik. “ Syukur dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, tapi kerugian materil diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah,”  kata Rahmat.

Menyikapi hal tersebut Danramil 0805/Cugenang Kapten Arm Sulur saat dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan, alhamdulillah dalam kejadian longsor ini tidak ada korban jiwa.

” Saat dilakukan evakuasi longsoran di Desa Wangunjaya ini, kami menggunakan alat manual, tapi tadi juga sudah koordinasi dengan Pekerjaan Umum (PU) dan sekarang alat berat yang ukurannya kecil, kabarnya sudah jalan dari Campaka,” kata Kapten Arm Sulur di lokasi longsor, Jum’at (2/3).

Nampak hadir dalam evakuasi longsor di Desa Wangunjaya, Cugenang, Cianjur, Muspika Cugenang, Koramil 0805/Cugenang, Kapolsek Cugenang beserta jajarannya, Trantibmas Cugenang, dan masyarakat.

Salah satu lokasi yang paling parah terdapat di Desa Wangunjaya, dalam kejadian yang menimpa desa tersebut terdapat empat titik longsor. Yakni di Kampung Kemang RT 04/05, Kampung Pasirgombong RT 04/05, Kampung Babakan Sukalaksana RT 05/05 dan Kampung Pasir Tunagan RT 01/03 Desa Wangunjaya.

Kepala Desa Wangunjaya, Misbahudin, di lokasi kejadian menuturkan, longsor juga menyebabkan Jembatan Babakan Sukalaksana ambles dan tergerus aliran air. Selain itu juga material longsoran menyebabkan aliran listrik terputus.

Misbahudin juga mengatakan, hujan deras kemarin menyebabkan jembatan dan akses jalan tertimbun longsor di empat titik. Dua titik di Kampung Pasirgombong, dan dua titik lainnya di Kampung Babakan Sukalaksana dan Kampung Pasir Tunagan. Selain itu, juga akses jalan bagi sekitar 1.600 kepala keluarga terputus.” Sementara total kerugian akibat longsor ditafsirkan mencapai Rp 200 jutaan,” ujar Kepala Desa Wangunjaya, Misbahudin, di lokasi kejadian.

Lanjut Misbah, sehubungan dengan jalan tertutup longsor, sementara ini jalan di alihkan ke Babakan Karet dengan jarak mencapai 8 KM, dalam kondisi jalannya juga sangat memperihatinkan (rusak).

Terlepas dari itu Misbahudin juga berterima kasih kepada pihak Muspika Cugenang, Koramil 0805/Cugenang, Polsek Cugenang, Trantibmas Cugenang dan masyarakat. Yang sudah sigap menyikapi terjadinya longsor yang menimpa desanya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here