Oleh : Fajrilah Samlawi, SH (Ketum Cianjur Politic Watch)

Menjelang Pemilu 2019, merupakan momentum untuk mewujudkan cita-cita demokrasi dan melahirkan sosok pemimpin yang mampu membawa perubahan yang lebih baik dalam menjalankan pemerintahan kedepan. Dinamika Pemilu 2019, baik Plpres maupun Pileg yang semakin sarat dengan persaingan antara para calon untuk mendapatkan suara masyarakat. Meski drmikian, namun tetap harus mengindahkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, agar melahirkan pemimpin-pemimpin yang ideal.

Berkaitan dengan ditemukannya dugaan pelanggaran dari salah satu calon anggota DPRD Cianjur dari Partai Nasdem atas nama AA dengan dugaan pelanggaran pidana Pemilu berupa pembagian paket sembako kepada warga desa Nyalindung Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, yang sedang ditangani tim Sentra Gakumdu Kabupaten Cianjur. Pada  Selasa/Rabu sekarang AA akan diperiksa di Kejaksaan untuk pemeriksaan tahap 2.

Berdasarkan hal tersebut, kami akan mengawal proses penindakan atas dugaan pidana pemilu sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam pengawalan pemilu demi tercapainya cita-cita demokrasi. Besar harapan kami tim Sentra Gakumdu serius dan objektif dalam menindak pelanggaran tersebut.

Karenanya salah satu diantara elemen dan indikator yang paling mendasar dari keberhasilan dan kualitas pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu yang demokratis adalah adanya keterlibatan masyarakat secara aktif dalam proses berjalannya tahapan-tahapan pemilu. Khususnya dalam hal pengawasan atau pemantauan proses pemilu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here