Laporan : Yatiman

Bandung, metropuncaknews.com – Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto, M.Sc sambut kedatangan Kasad Australia Lieutenant General Richard (Rick) Maxwell Burr, AO, DSC, MVO. Kasad Australia datang ke Bandung Jawa Barat untuk melakukan lawatannya ke Kodam III/Siliwangi dan Seskoad Bandung, Rabu (31/10).

Dari Jakarta menuju Bandung, Kasad Australia Lt. General Rick Burr bersama Istri Mrs. Bronwyn Helen Burr menggunakan kendaraan darat didampingi Major Matthew James Scanlan Staf Kerjasama Internasional AD Australia, Captain Renata Pamela Williams ADC Kadas, Wagrant Officer Grant Stephen, MC Farlane, OAM Regimental Sergeant Major AD Australia.

Selanjutnya Paban V/Hublu Spamad beserta Istri, Atad Australia di Jakarta bersama Istri, Atad RI di Canberra bersama Istri dan Asatad Australia di Jakarta.

Setibanya di Bandung, Kasad Australia  Lt. General Rick Burr disambut Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto, M.Sc. Sebelum menuju ke Seskoad, sempat transit untuk rehat sejenak di Mess Kartika Siliwangi Jalan Sumatera Bandung.

Tiba di Seskoad, Kasad Australia dan rombongan disambut Danseskoad Mayjen TNI Kurnia Dewantara, Wadan Seskoad Brigjen TNI Nugroho, para Direktur dan Staf Seskoad, kemudian melaksanakan sesi foto bersama di Halaman Depan Mako Seskoad.

Kedatangan Kasad Australia ke Seskoad dalam rangka memberikan pengarahan pada  Siswa Susreg Seskoad Angkatan LVI tahun 2018.

Letnan General Rick Burr mengatakan, merupakan sebuah kesempatan yang berharga Angkatan Darat Australia dapat bekerjasama, berdampingan dengan TNI untuk memberikan kontribusi nyata dalam upaya pemulihan di Sulawesi.

“ Kesempatan seperti ini adalah kunci untuk membangun pemahaman yang lebih baik dan memperkuat hubungan kedua Angkatan Darat kita. Dan salah satu kerjasama yang menjadi sorotan utama adalah kerja sama yang berlangsung antar kedua pasukan khusus kita dan pertukaran antar intelejen kita, sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Menteri Pertahanan kita, Panglima TNI dan Panglima Australia pada rapat High Level Committee (HLC) yang diadakan di Darwin pada bulan lalu,“ jelasnya.

General Richard (Rick) Maxwell Burr juga mengatakan, dirinya senang menjadi tuan rumah untuk kunjungan Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman dan beberapa Perwira dari Negara Asing di Adelaide, untuk berbagi gagasan dan mendiskusikan hal-hal yang menjadi kepentingan bersama.

” Konferensi tersebut memahami bahwa kemitraan bersama, bilateral atau multilateral adalah suatu aspirasi abadi,“ ulasnya.

General Richard (Rick) Maxwell Burr menambahkan, Selain mempertimbangkan masa depan bersama, Angkatan Darat Australia berharap dapat terus bekerja bersama dengan Indonesia dalam bidang kerja sama. “ Terutama dalam penanggulangan terorisme, keamanan maritime, bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana, pemeliharaan perdamaian serta intelejen,“ ungkapnya. (Sumber : Pendam III/Siliwangi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here