KASAU didampingi Gubernur DIY sambut kedatangan Api Obor Asian Games 2018 di Lanud Adisutjipto

Liputan : Djaka Kumara

Yogyakarta, metropuncaknews.com – Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, M,M,  Selasa (16/7) menerima Api Obor Asian Games 2018 yang diangkut pesawat milik TNI AU yaitu Boeing A 7307.  Api Obor Asian Games 2018 diterima KASAU di Apron Baseops Lanud Adisutjipto.

Menurut keterangan, Api Abadi itu didatangkan langsung dari India. Diambil Tim Khusus yang salah satunya adalah mantan Atlet Bulu Tangkis Susi Susanti yang dikawal Marsma TNI Eko Dono dan 2 personil dari Pasukan Khas TNI AU.

KASAU dalam konferensi persnya yang didampingi Gbernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Dankoharmatau, Marsda Dento Priyono, Kadispenau Marsma TN I Novyan Samyoga, Ketua panitia Asean Games 2018 Erick Thohir serta Duta Olah raga Asean Games Susi Susanti mengatakan, suatu kebanggaan tersendiri bagi TNI AU dapat ikut terlibat secara langsung dan menfasilitasi Event Dunia Asian Games 2018 ini.

Lebih lanjut KASAU mengatakan, pengambilan api obor dari India ini melibatkan TNI AU dan dikawal dengan pesawat F16. Tentunya ini merupakan simbul, TNI AU siap mengawal, mensukseskan dan mengamankan Event Asean Games 2018. Selain itu Bangsa Indonesia patut berbangga karena telah dipercaya dunia menghandle event ini.

Menurut dia, setelah tiba di Yogyakarta, api obor Asian Games ini akan diterima oleh Gubernur DIY. Kemudian Obor Asian Games ini  akan diinapkan di Yogyakarta selama tiga hari dan pada malam yang pertama akan menginap di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala.

Sebelum dibawa ke Prambanan, api terlebih dahulu mampir ke Candi Boko. Kemudian, pada tanggal 18 Juli akan dilakukan pengambilan api abadi dari Mrapen, Purwodadi, Jawa Tengah yang akan dibawa ke Prambanan melalui Semarang. “ Dan seterusnya sesuai scedule yang ada,” papar KASAU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here