Laporan : Yatiman

Bandung, metropuncaknews.com – Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP. Agung Reza paparkan rencana rekayasa lalu Lintas di Jalan Puri Dago Arcamanik, Senin (14/01).

Kasat mengatakan, Kota Bandung merupakan kota tujuan wisata. Baik turis lokal maupun asing dengan situasi arus lalu lintas yang diwarnai dengan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi. Karena itu situasi perkembangan situasi lalu lintas merupakan bagian dari sistem transportasi nasional yang harus di kembangkan potensi dan angkutan jalan dalam rangka mendukung  pembangunan ekonomi dan pengembangan wilayah. 

Kelancaran berlalu lintas dan keselamatan jalan raya di Kota Bandung yang merupakan tanggung jawab bersama. Yaitu antara pengguna jalan dan aparatur negara yang berkompeten terhadap penanganan jalan raya. Baik yang bertanggung jawab terhadap pengadaan mau pun terhadap pemeliharaan. Termasuk supra struktur sarana dan prasarana jalan maupun pengaturan jalan serta penegakan hukumnya. Hal ini bertujuan untuk tetap terpelihara serta terjaganya situasi Kamseltibcar Lantas di jalan raya secara terarah dan mencapai sasaran yang diharapan.

Kasat menyebutkan, yang maksud dan tujuannya yaitu  rekayasa lalu lintas. Hal itu merupakan salah satu bentuk kegiatan fungsi Lantas dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dan sebagai bahan masukan kepada pimpinan. Tujuannya, untuk meningkatan ketertiban, kedisiplinan dan etika berlalu lintas. Menanggulangi kemacetan di hari Weekend dan guna terwujudnya pelayanan yang prima terhadap masyarakat. Terutama dalam perlalulintasan dan angkutan jalan yang aman, selamat, tertib lancar dan terpadu serta mewujudkan kota Bandung sebagai salah satu kota yang  tertib lalu lintas. 

Maka dengan dasar UU No. 2 Tahun. 2002 tentang kepolisian Negara Republik Indonesia dan UU No. 22.Tahun .2009 lalu lintas dan Angkutan Jalan serta rencana kegiatan Satlantas Polrestabes Bandung Tahun 2019.

Lalu lintas sebagai salah satu fungsi pelayanan Polri dalam upaya memberikan pelayanan lantas, diharapkan mampu memberikan layanan prima dengan standart nasional menuju Polri yang mandiri, profesional dan dipercaya masyarakat. 

Dalam kegiatan tersebut juga dibahas tentang management rekayasa lantas di seputaran jalan Puri Dago (Arcamanik) dengan saran-saran dalam rangka penanganan masalah lalu lintas di jalan Puri Dago (Arcamanik). Diantaranya mempersiapkan rambu (rambu/ Contrailing), Pembuatan rambu Kanalisasi atau pulau jalan, Penempatan Water Barier  jika terjadi botle neck di seputaran jalan tersebut dan Akses keluar masuk dari perumahan dibuat satu pintu serta melakukan survai ulang dengan Dinas Perhubungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here