Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Kemeriahan Cianjur Festival dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Cianjur ke-342, rasanya tak lengkap tanpa menghadirkan Kuda Kosong. Pasalnya, Kuda Kosong  selama ini menjadi icon serta simbol sejarah dan Kebudayaan Cianjur.

Untuk itu, pihak panitia penyelenggara selalu menampilkan Kuda Kosong, sebagai pembuka dalam puncak acara Cianjur Festival. Seperti yang diselenggarakan pada hari Minggu (18/9).

Kiranya, sangatlah wajar jika masyarakat menantikan kehadiran Kuda Kosong. Karena kehadirannya selama ini, hanya di moment-moment tertentu saja. Sehingga menjadi pusat perhatian, seperti halnya di hari besar sekarang ini (peringatan hari jadi Cianjur).

Diketahui, banyak tempat-tempat serta kepercayaan masyarakat Cianjur tentang adanya Kuda Kosong tersebut. Sehingga kehadirannya sangat dinantikan masyarakat Cianjur.

Kepada awak media, Kabag Humas Setda Cianjur, Gagan Rusganda, memaparkan, iring-iringan pawai rencananya akan melintasi sejumlah jalan protokol, dengan star di Jalan Suroso – Jalan Mangunsarkoro – Jalan A Sucipta – Jalan Siliwangi – Jalan Pangeran Hidayatulloh dan finisnya di Taman Prawatasari Joglo-Cianjur.

“ Dalam iring-iringan pawai yang diawali dengan Kuda Kosong ini, dari setiap kecamatan se-kabupaten Cianjur, mempertunjukan potensinya di daerah masing-masing. Karena diakui untuk Cianjur ini, memang mempunyai ragam seni dan kebudayaan. Jadi diharapkan akan menjadi hiburan bagi warga dan wisatawan,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here