Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Warga Desa Sukaratu, Kecamatan Bojongpicung, Cianjur, sudah cukup lama dikesalkan dengan sering terjadinya kehilangan padi dan ternak peliharaan warga. Seperti domba, ayam dan yang lainnya. Termasuk motor, telaktor dan barang berharga lainnya. Hingga warga dan para pemuda terutama yang menjadi korban melakukan pengintaian. Siapa pelaku pencurian yang cukup meresahkan warga Desa Sukaratu tersebut.

Karena itu para pemuda Kampung Cibinong RT 02/08 Desa Sukaratu  tiap malam aktif melakukan Siskamling. Meski caranya dilakukan dengan sembunyi-sembunyi. Disetiap penjuru kampung ditugas beberapa pemuda untuk melakukan ronda malam.

Hasil kerja kerasnya itu ternyata membuahkan hasil. Terbukti, pada Senin (04/05) sekira pukul 02.30 WIB, seseorang terlihat masuk pabrik beras. Tak lama kemudian, orang tersebut keluar lagi sambil memikul padi hasil curiannya di dalam karung plastik.

Setelah diyakini orang tersebut adalah maling, para pemuda pun langsung menggerebek dan menangkapnya. Setelah ditangkap, ternyata maling itu adalah Heru (50) yang juga masih warga desa setempat.

Namun, meski maling itu masih tetangganya juga, tetap saja warga dan para pemuda tak bisa menahan emosinya. Saat itu pula Heru menerima hadiah berupa beberapa kepalan bogem mentah pada mukanya. Tak lama kemudian, istri dan anak Heru keluar rumah sambil menjerit minta tolong. Pada kesempatan itu Heru langsung berlari dan  masuk rumah.

Karena ada teriakan yang minta tolong, maka massa dari berbagai pelosok kampung berdatang untuk melihat apa yang terjadi. Setelah mengetahui apa yang terjadi, warga pun tampak kesal dan ingin melampiaskan kekesalan pada pencuri yang selama itu ditunggu tertangkap basah.

Beruntung, Heru  sudah masuk rumah. Akhirnya ratusan massa ngamuk merusak bangunan rumah dan hendak membakar rumah Heru.

“ Tak lama kemudian kepala desa, Ketua BPD dan pihak Kepolian Bojongpicung datang, amuk massa pun bisa diredam dan pelaku langsung diamankan dibawa ke kantor polisi Bojongpicung,” ucap Ketua RT 02/08, Kampung Cibinong, Akung.

Sementara itu, Kepala Desa Sukaratu Rahmat (55) mengatakan, memang benar pada Senin dini hari sekitar pukul 02.30 WIB, warga Kampung Cibinong beserta para pemuda telah mengamankan pencuri padi milik Arifin badar padi yang disimpan di dalam pabrik beras milik Hendelrik warga Bandung.

Rahmat mengaku datang ke lokasi kejadian, sekira pukul 03.00 WIB dan pelaku sudah tidak ada ditempat. Pelaku bersembunyi di atas atap rumah miliknya. Setelah datang pihak kepolisian dari Polsek Bojongpicung, Heru diminta untuk menyerahkan diri. Tak lama kemudian, Heru keluar dari tempat persembunyiannya dan menyerahkan diri. Kepada petugas, Heru mengaku sudah 4 kali maling padi ditempat yang sama. Sedangkan warga yang pernah kehilangan barang berharga lainnya itu masih dalam pengembangan pihak Kepolisian. “ Kepada warga Desa Sukaratu, kami mohon untuk sabar jangan melakukan tindakan yang anarkis dan semua itu kita serahkan serta percayakan pada pihak yang berwajib,” ujar Rahmat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here