Sampah yang dibuang warga diangkut anggota Karang Taruna ke mobil Dunas Jebersihan

Laporan : Agus
Cianjur, metropuncaknews.com – Prihatin terhadap keberadaan lingkungan, Karang Taruna Kp. Cibodas RW 01 Desa Gunungsari Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur kelola pembuangan sampah warga RW 01 yang meliputi 4 ke RT an.
Menurut keterangan, karena susahnya tempat pembuangan sampah di wilayah RW 01, maka banyak warga yang membuang sampah sembarangan. Bahkan kadang, mereka membuang sampah ke kali Cibodas. “ Melihat hal tersebut, kami prihatin sehingga muncul ide untuk membantu mengelola pembuangan sampah warga,” jelas Ketua Karang Taruna RW 01, Yepi Kusnandar saat ditemui di rumahnya, Selasa (10/4).
Selanjutnya Yepi mengatakan, setiap hari anggota Karang Taruna melakukan pengambilan sampah warga, mulai jam 6 pagi. Maksudnya agar sampah tersebut bisa langsung dibuang dengan dinaikan ke mobil dinas kebersihan.
Yepi menegaskan, sebenarnya jika ada lahan, semua sampah tersebut inginnya diolah. Namun karrna tidak mempunyai lahan untuk itu, maka sampah langsung saja dibuang.
“ Yang penting sampah tidak terlihat berserakan dimana mana dan tidak juga dibuang ke kali Cibodas, kegiatan ini baru berjalan selama 6 bulan,” ucap dia.
Sementara Ketua RT 02/01 Wida Nengsih mengatakan, pihaknya sangat mendukung dengan apa yang dilakukan Karang Taruna. Karrna memang benar dengan tidak adanya lahan untuk tempat pembuangan sampah di wilayahnya.
“ Memang kadang sebagian warga membuang sampah kemana saja. Maka dengan adanya kegiatan dari Karang Taruna warga pun sangat merasa terbantu,” kata Wida.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here