Laporan : Dhani

Cianjur, metropuncaknews.com – Karang Taruna Kabupaten Cianjur angkat bicara perihal pelantikan Karang Taruna Kandaga Patria Desa Mekarsari Cianjur, yang diselenggarakan pada Minggu (13/09) kemarin.

Menurut salah seorang pengurus Karang Taruna Kabupaten Cianjur Mudrikah S.Ag, pihaknya akan terus mendorong pada semua Karang Taruna yang sudah dilantik dan dikukuhkan.

” Banyak kegiatan dan program pemerintah yang memang bisa bergandengan tangan dengan Karang Taruna, diantaranya kegiatan-kegiatan sosial kemudian juga kegiatan lainnya,” katanya.

Ia mengharapkan, teman-teman di Karang Taruna unit itu bisa mandiri. Seperti kegiatan-kegiatan pelatihan Karang Taruna yang berdampak pada pembangunan desa.

” Kedepan fungsinya bisa diharapkan pemerintah desa. Apalagi kepala desa selaku pembina utama di tingkat desa, jadi diharapkan bisa dilibatkan disana agar masuk pada anggaran APBDes karena karang taruna merupakan salah satu lembaga desa atau lkd,” ujarnya.

Lebih lanjut Mudrik mengatakan, ketika nanti sudah masuk sebutlah itu anggaran kan bisa untuk kegiatan-kegiatan Karang Taruna. Nah, dalam hal ini teman-teman Karang Taruna kalau sudah ada anggaran itu juga harus bisa mempertanggung jawabkannya.

” Sejauh ini Karang Taruna Kabupaten sudah melakulan pembinaan-pembinaan kepada Karang Taruna desa kurang lebih ada sekitar 110 des dan kemarin juga sudah dilakukan di Kecamatan Pacet,” sambungnya.

Menyikapi hal tersebut Kepala Desa Mekarsari Ujang Rahmat menyambutnya dengan penuh antusias. Karena menurutnya peranserta Karang Taruna di pemerintahan desa itu sangat penting.

” Dengan adanya pelantikan dan pengukuhan kemarin, saya berharap Karang Taruna Desa Mekarsari ini lebih maju,” kata Ujang Rahmat, Selasa (15/09).

Ujang melanjutkan, Karang Taruna ini bukan hanya eksis dalam kegiatan 17-an saja, tetapi mampu mengawal berbagai kegiatan yang ada di desa.

” Seperti misalnya mengawal pendataan-pendapataan warga yang berdampak pada kesejahteraannya. Karena kemarin banyak laporan dari warga keterkaitan dengan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa, kemudian dari Kemensos itu banyak yang tidak terdata,”

Terakhir Ujang menyampailan, atas kejadian itu pihaknya mengajak Karang Taruna ikut andil untuk mengawal pendataan.

” Selain daripada itu, tentunya sebagai kepala desa akan melibatkannya dalam pelaksanaan proyek-proyek pembangunan di desa ini,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here