Laporan : Dan Nahili/Sandi

Sukabumi, metropuncaknews.com – Polres Sukabumi bersama lam penangananan bencana alam yang dilanjutkan dengan kegiatan simulasi penangananan bencana tanah longsor.

Kegiatan berlangsung di halaman kantor Pos SAR Basarnas jalan Kidang Kencana, Sabtu pagi (13/11/2021).

Kegiatan apel dipimpin Kapolres Sukabumi Akbp Dedy Darmawansyah SH., SIK, MH, yang dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, SH, MM, dan unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi.

Dalam arahannya Kapolres Sukabumi menyatakan bahwa, “Kabupaten Sukabumi iklimnya berubah drastis, hujan begitu banyak, sehingga berpotensi terjadinya bencana seperti banjir, longsor dan angin puting beliung”.

“Diharapkan manakala terjadi bencana alam, personil gabungan segera mendatangi tempat kejadian dengan prioritas untuk menolong korban dan masyarakat,” harapnya.

Dedy meminta, agar seluruh tim selalu menjaga kekompakan dan komunikasi, sehingga ketika saat melaksanakan pertolongan korban dapat berjalan efektif.

“Kekompakan tim adalah kunci menuju kunci sukses/keberhasilan dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam,” ungkapnya.

Apel kesiapan dan simulasi bencana tersebut diikuti oleh personil Polres Sukabumi, Kodim 0622/Sukabumi, TNI AL Posal Palabuhanratu, BPBD Kabupaten Sukabumi, Damkar Kabupaten Sukabumi, PLN Palabuhanratu, Basarnas dan para tenaga relawan tanggap bencana.

Adanya kegiatan tersebut disambut baik Sekretaris Daerah Sukabumi Ade Suryaman S.H., M.H., menurutnya kegiatan apel kesiapan dan simulasi penanganan bencana yang dilaksanakan Polres Sukabumi bersama stakeholder terkait penanganan bencana adalah hal positif.

“Kegiatan apel dan simulasi bencana yang dilaksanakan Polres Sukabumi, merupakan bagian konsolidasi kita sebagai kesiapan dalam penanganan bencana,” kata Ade kepada wartawan.
Terpantau saat pelaksanaan, Kapolres Sukabumi dan Sekda Kabupaten Sukabumi bersama tamu undangan lainnya, melihat peralatan untuk melaksanakan evakuasi dan kegiatan SAR yang disiagakan dalam apel kesiapan bencana.

Diakhir kegiatan, diperagakan simulasi evakuasi dan kegiatan SAR oleh Polres Sukabumi dan tim gabungan yang dipimpin Wakapolres Sukabumi Kompol Niko N Adiputra didampingi Kasat Samapta Akp Roni Haryanto dengan memperagakan pertolongan kepada korban bencana alam tanah longsor. (Sumber Humas Polres Sukabumi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here