Kapolsek Bojongpicung melakukan pemotongan tumpeng disaksikan Camat, Danramil serta Pimpinan Jama'ah Thoriqul Jannah

Laporan : Iriyanto

Cianjur, metropuncaknew.com – Acara Milad Ke 2 Jama’ah Thoriqul Jannah dan sekaligus temu Santri yang diselenggarakan Ustad Muh Nuh Aljabar, pimpinan Jama’ah Thoriqul Jannah (JTJ) di Kp. Parungbitung RT:02/01 Desa Kertamukti Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Sabtu (05/01/19), mendapat sambutan antusias dari jamaah dan santri,

Even tahunan tersebut menjadi monent istimewa sehingga jama’ah Thoriqul Jannah berdatangan dari berbagai daerah untuk menghadiri acara Milad tersebut.

Jemaah yang hadir kali ini tidak kurang dari 1000 santriawan Santriwati, dan sekaligus acara temu santri yang rutin digelar setiap bulannya.

Nampak hadir pada kegitan tersebut, Kapolsek Bojongpicung, Danramil, Ketua MUI Kecamatan Haurwangi dan Muspika Haurwangi sebagai tamu undangan.

Jama’ah yang hadir bukan hanya dari Desa Kertamukti saja, akan tetapi ada juga yang hadir dari luar desa dan adri luar Kecamatan Haurwangi. 

Melihat gelombang jama’ah yang datang bak air bah, panitia terlihat gelagepan. Pimpinan Jama’ah Thoriqul Jannah, Ustad Muh Nuh Aljabar, menyampaikan permohonan maaf pada jamaah yang hadir. Karena Milad tahun ini yang digelar di halaman masjid Nurul Huda. Pasalnya tempat yang disediakan tidak begitu luas, dengan tempat seadanya. Karena itu, santriawan-santriwati, mengelar terpal guna menampung jemaah yang datang berbondong-bondong ke acara Milad Jama’ah Thoriqul Jannah yang ke dua (2). “ Selain itu, ada juga yang menggelar lesehan di teras  masjid Nurul Huda. Bahkan ada juga yang di pinggir jalan serta di teras-teras rumah warga sekitar,” ujar Ustad Muh Nuh Aljabar.

Ustad Muh Nuh Aljabar menjelaskan, acara kali ini mengusung tema “ Dengan Semangat Silahturahmi Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiah, Ukhuwah Wathoniyah dan Ukhuwah Basyariah.”

“ Alhamdulilah tamu yang hadir cukup banyak, bahkan Ketua MUI Haurwangi Moh Gojali, Camat Haurwangi Iwan Karyadi, Kapolsek Bojongpicung Muhamad Nur, dan Danramil 0811 Suhardi SE, tokoh masyarakat, tokoh agama juga hadir, seluruh jamaah serta warga masyarakat Desa Kertamukti kurang lebih 1000 jamaah, ikut hadir,” jelas Ustad Muh Nuh.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Kertamuti Cepi Agustina menyampaikan ucapan terima kasih khususnya kepada seluruh masyarakat Desa Kertamukti dan seluruh jamaah Thoriqul Jannah. “Terutama pada mereka yang telah membantu terlaksananya acara Milad yang ke dua (2) ini,” Cepi Agustina.

Selanjutnya Cepi mengatakan, semua pembangunan baik fisik maupun non fisik yang telah dilaksanakan itu adalah milik masyarakat dan bukan milik desa. Karena semua pembangunan berawal dari aspirasi warga yang dilakukan oleh RT dan RW serta diselesaikan bersama-sama dengan BPD dan lembaga desa lainnya melalui musyawarah desa.

“ Kami berharap, semua yang telah dilaksanakan bisa membawa manfaat dan bisa dipelihara, saya titip jangan cuma bisa meminta dan melaksanakan pembangunan tapi kita tidak bisa memeliharanya, sebab membangun itu juga ada diantara rasa syukur kita untuk Alloh SWT,” kata Cepi.

Pada kegiatan tersebut, juga diselenggarakan acara pengukuhan dan pemberian SK untuk kepengurusan Jama’ah Thoriqul Jannah yang telah ditandatangani oleh Camat Haurwangi. Hal itu sebagai wujud kepedulian camat terhadap  mayarakat.

Sementara Camat Haurwangi, Iwan Karyadi mengatakan, baru kali ini dirinya menandatangani SK pengukuhan kepengurusan Jama’ah Thoriqul Jannah. Camat juga mengatakan, ia sangat senang bisa bertatap muka langsung dengan masyarakat Desa Kertamukti. Terutama dengan pimpinan Jama’ah Thoriqatul Janah.

Camat berharap, ke depan dapat membangun komunikasi yang  lebih baik dalam upaya menciptakan situasi yang kondusif di wilayah desa Kertamukti yang kondusif.

“ Saya merasa bangga bisa hadir pada acara Milad Jama’ah Thoriqul Jannah yang ke dua (2) ini dan pada kesempatan ini juga saya ucapkan terima kasih pada seluruh masyarakat Desa Kertamukti dan utamanya pimpinan Jama’ah Thoriqatul Janah  yang telah mengundang saya untuk hadir di acara Milad  pada malam ini,” pungkas Iwan Karyadi.

Hal senada juga dikatakan Kapolsek Bojongpicung AKP Muhamad Nur yang selalu proaktif dalam memimpin di wilayah hukum Bojonpicung dan Haurwangi. Kapolsek berharap, jalinan kerjasama dan kemitraan antara pihak kepolisian dengan masyarakat termasuk Jama’ah Thoriqatul Janah dapat terus terjalin dengan sehat, harmonis dan dinamis. Hingga situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Desa Kertamuti Kecamatan Haurwangi dapt terwujud.

Selanjutnya, Kapolsek Bojongpicung AKP Muh Nur memberikan tausiyah kamtibmas kepada para Jama’ah Thoriqul Jannah, Ia mengatakan, kegiatan seperti ini bisa mempererat tali silaturahmi dan membentuk sinergitas antara ulama dan umaro.

“ Saya meminta agar masyarakat jangan cepat percaya atau terpengaruh isu provokatif dan adanya  berita-berita Hoax/ujaran kebencian di medsos  karena akan merugikan diri sendiri dan merusak kerukunan umat beragama dan jika terjadi hal demikian silahkan laporkan kepada petugas setempat atau ke Polsek Bojongpicung,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here