POlsek Ciranjang secara rutin melakukan kegiatan Jumat Keliling (Jumling)

 Liputan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Jajaran Polsek Ciranjang Polres Cianjur, tiap Jumat selalu lakukan Shalat Jumat Keliling (Jumling) ke setiap Mesjid Jame yang ada di wilayah Kecamatan Ciranjang.

Dilaksanakannya Jumling tersebut, selain untuk menyampaikan berbagai program kepolisian  juga sekaligus melaksanakan silaturahmi dengan berbagai elemen masyarakat yang ada disetiap desa.

Seperti halnya, saat Jumling di Mesjid Jamie Tarbiatul Almuttaqilin Desa Mekargalih, Jumat (20/7). Kapolsek Ciranjang, Kompol  H.S Lubis mengharapkan, seluruh warga Ciranjang mampu meningkatkan penjagaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di lingkunganby masing-masing.

Pada kesempatan itu, Lubis menjelaskan, pelaksanaan Jumling itu dilakukan setiap pekan dengan cara berkeliling ke setiap masjid jamie yang ada di Kecamatan Ciranjang. “ Seperti Jumling sekarang, itu adalah Jumling yang ke 5 kalinya di Desa Mekargalih,” kata Lubis.

Selanjutnya Lubis mengatakan, keamanan merupakan tanggung jawab semua pihak, termasuk tanggung jawab masyarakat itu sendri.  Karena itu, Lubis menyarankan agar masyarakat Ciranjang menggalakan kembali ronda malam atau yang dikenal dengan sebutan Siskamling (Sistim Keamanan Lingkungan).

Selain itu, Lubis juga mengimbau masyarakat Ciranjang untuk berperan aktif memerangi Miras dan Narkoba. Juga disiplin dalam berkendaraan di jalan raya serta menhindari hal-hal yang sekiranya  akan merugikan masyarakat dan pemerintah.

“ Melalui Jumling, diharapkan masyarakat akan lebih memahami tugas kepolisian hingga terjalin komunikasi yang komunikatif antara pihak kepolisian dan masyarakat,” jelas Lubis.

Sementara itu, Kepala Desa Mekargalih, Taryat Bibrata mengatakan, dengan dilaksanakannya Jumling oleh jajaran Polsek Ciranjang, pihaknya mengucapkan terima kasih. Karena secara tidak langsung pihaknya merasa terbantu dalam melaksanakan program Kamtibmas.

“ Semoga seluruh warga  Desa Mekargalih mampu melaksanakan Kantibmas dengan kompak, serempak dan tidak saling mengandalkan hingga Desa Mekargalih menjadi desa yang aman,  tentram dan nyaman,” tambah Taryat Bibrata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here