Upacara Bela Negara di halaman Mapolres Kebumen

Laporan : Yatiman

Kebumen, metropuncaknews.com – Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede, S.I.K.,M. I. K. pimpin upacara Bela Negara 2018,  Rabu (19/12) kemarin.

Upacara tersebut digelar di halaman Mapolres Kebumen Jalan Tentara Pelajar No. 39 Kebumen. Pada kesempatan itu AKBP. Robertho Pardede menjadi Inspektur upacara. Adapun para peserta adalah seluruh personil Polres Kebumen serta PNS dan perwakilan personil Polsek jajaran.

Dalam sambutannya Kapolres mengatakan, kita harus mensyukuri bersama keberadaan ratusan suku bangsa, bahasa, adat istiadat, beragam agama, dan kepercayaan di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang membentang lebih dari seperdelapan Khatulistiwa.

Dalam Upacara itu Kapolres juga membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo yang mengatakan, tugas bela negara bukan tugas yang ringan.

Karena dengan makin kompleksnya tantangan yang dihadapi. Maka melalui sinergi segenap elemen bangsa, Presiden RI yakin generasi penerus akan mampu membawa Indonesia menjadi negara berdaulat, mandiri, adil dan makmur.

Pada hari ini, 70 tahun yang lalu, lanjut AKBP Robertho Pardede, Mr Syarifudin Prawiranegara selaku Menteri Kemakmuran RI, mendeklarasikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI).

Atas inisiatifnya melampaui panggilan tugas yang menjadi tanggung jawab, upaya politik dan Diplomasi Mr Syarifudin berhasil mengatasi kekuatan militer penjajah dan menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia masih berdiri tegak.

” Penetapan peristiwa bersejarah ini sebagai Hari Bela Negara merupakan penegasan, sejak dulu  telah memiliki konteks yang sangat luas. Hal ini menegaskan bahwa bela negara adalah kerjasama segenap elemen bangsa dan negara,” kata AKBP Robertho Pardede. (Sumber : Humas/Polres Kebumen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here