Kapolda Jabar pimpin rapat persiapan Asian Games di kantor Bupati Subang

Liputan : Yatiman

Subang, metropuncaknews.com – Pada Selasa 17 Juli 2018, pukul 14.30 Wib di ruang Rapat II Bupati Subang, telah dilaksanakan rapat persiapan Asian Games XVIII Tahun 2018.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto,M.S.I didampingi Kapolres Subang dan dihadiri para PJU Polda Jabar, PJU Polres Subang, Danyon 312 Kala Hitam, Panitia Asian Games XVIII (Inasgoc), Kadishub Kab. Subang dan Muspida Kab. Subang, berjumlah ± 60 orang

Ada pun rangkaian kegiatan dimulai pukul 14.30 WIB Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto,M.S.I beserta rombongan PJU Polda Jabar tiba di Kantor Bupati Subang dan langsung memimpin rapat.

Pada kesempatan itu, Kapolres Subang mengatakan, perkiraan ancaman meliputi kemacetan, cuaca ekstrim, teror bom dan kejahatan C3. Untuk pola pengamanan pihak Polres Subang dengan melakukan preemtif memberikan himbauan, pemasangan spanduk dan  pembagian brosur tentang lomba balap sepada.

Sasaran pengamanan orang meliputi para Atlit, tim Oficial dan pengunjung. Sasaran pengamanan tempat meliputi hotel-hotel yang di singgahi dan lokasi yang dipakai balap sepeda. Untuk pengamanan balap sepeda Cross Countri, Polres Subang telah menyiapkan  pengamanan sebanyak 976  Personil.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, rekayasa arus lalu lintas ,pengalihan arus dari wilayah Kalijati diarahkan ke jalur tol. Sedangkan untuk lokasi hotel, Polres Subang telah menyiapkan  pengamanan di masing-masing hotel. “ Kami akan lakukan gladi di H-1 dan akan mengarahkan secara detail,” jelas Kapolres Subang.

Sementara Kapolda Jabar dalam arahan mengatakan, konsep pengamanan untuk balap sepada ini sangat berbeda. Karena ini berlokasi di Out Door. Untuk itu, Kasat Lantas harus tahu berapa simpangan yang ada dan untuk pengamanan personil harus libatkan unsur TNI. Baik di lokasi balap ataupun di hotel-hotel yang dipakai para atlit.

,” Untuk formasi rangkaian harus berkordinasi terus dengan Inasgoc. untuk khusus pasar jumlah personil harus ditambah supaya tidak sembarang orang bisa menyebrang, kita sebagai tuan rumah harus bisa meyakinkan bahwa  kita bisa menyelenggarakan,” ujar Kapolda menegaskan.

Selanjutnya Kapolda mengatakan, untuk rumah sakit rujukan dimana saja, harus sudah didata.dan evakuasi yang menggunakan Helikopter dimana saja, harus berkordinasi dengan Lanud dan panitia. Untuk cuaca, jangan sampai nanti ketika hujan personil bingung untuk berteduh, harus sediakan perlengkapan dari sekarang dalam rangka rentang komando, tunjuk salah satu perwira untuk jadi Padal.

Selanjutnya Panitia Asian Games dalam paparannya menyebutkan, untuk helikopter, pihaknya sudah berkordinasi dan sudah menyiapkan 2 Helikopter. Dikatakannya pula, Dalam konfoi semua mobil harus menyalakan lampu besar. Diperkiraan semua yang ikut konfoi terdata dan dalam perlombaan balap sepeda, pihaknya menghimbau jangan sampai ada yang tidak terdata dan untuk evakuasi pihaknya akan cek rumah sakit mana yang terdekat.

Sementara arahan dari Dir Sabhara Polda Jabar yang intinya menyebtkan, untuk pengamanan hitung kembali personil pengamanan. Kalau seandainya tidak cukup minta bantuan pada Polda. Pada saat rangkaian rombongan sebaiknya anggota yang di tunjuk harus tetep anggota yang sama pada hari H nya. Supaya pada pelaksanaanya anggota sudah mengetahui medan.

Kemudian dilanjutkan arahan dari Karo Ops Polda Jabar. Menurutnya, ada kekurangan jumlah personil. Untuk itu, Danyon dan Kapolres harus bisa menyeting lagi lokasi lokasi yang kekuurangan personil. Dan pada saat nanti pengalihan jalan harus diberikan pengarahan jalan. Pertama siapkan personil di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan. “ Kami akan back up dengan helikopter untuk membantu mengawasi serta untuk latpraops kami akan latihkan/laksanakan di Kab.Subang,” kata Karo Ops Polda Jabar.

Sedangkan arahan dari Wakapolda Jabar menyebutkan, untuk pengamanan di hotel harus benar-benar maksimal. Untuk Dounhil monitor masyarakat yang nonton jangan sampai lengah dan untuk di area lintasan harus disosialisasikan dengan unsur Muspika. Supaya masyarakat bisa mendukung untuk kesuksesan acara.

Acara selesai pada pukul 15.50 WIB dilanjutkan pengecekan jalur dengan menggunakan R2 berjumlah 18 unit. Terdiri dari Yamaha NMax dan Honda VCX dengan rute pengecekan dari Kantor Pemda sampai dengan Kantor Kec. Jalancagak. Pada pukul 16.10 WIB, Kapolda Jabar beserta rombongan tiba di Kantor Kec. Jalancagak dan seluruh rangkaian kegiatan selesai pada pukul 17.00 WIB. Selama kegiatan berlangsung dengan situasi aman dan kondusif. (Sumber : Humas Polda Jabar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here