Kapolda Jabar dan istri, saat melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Cikutra Bandung

Laporan : Yatiman

Bandung, metropuncaknews.com – Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si menghadiri Upacara Ziarah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Polwan Ke 70 Tahun 2018. Upaca ziarah tersebut digelar di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Sabtu (01/09).

Pada kesempatan itu, Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si menjadi Inspektur Upacara pada kegiatan upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Cikutra Bandung

Sementara pejabat yang hadir mendampingi Kapolda Jabar  yaitu  Wakapolda  Jabar, Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Barat, Ibu Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Barat, Pejabat Utama Polda Jabar beserta Ibu, Kapolrestabes Bandung beserta Ibu, Pakor Polwan Polda Jabar dan anggota Polwan Polda Jabar, Polrestabes Bandung, Polres Bandung serta Polres Cimahi.

Kapolda Jabar selaku pimpinan ziarah melaksanakan peletakan karangan bunga di Tugu Pahlawan dan dilanjutkan dengan tabur bunga. Kemudian diikuti oleh seluruh Pejabat Utama Polda Jabar.

Kapolda menerangkan, sejarah kelahiran Polisi Wanita (Polwan) di Indonesia tidak  jauh berbeda dengan proses kelahiran Polisi Wanita di negara lain. Polwan bertugas dalam penanganan dan penyidikan terhadap kasus kejahatan yang melibatkan kaum wanita. Baik korban maupun pelaku kejahatan.

Polwan di Indonesia lahir pada tanggal 1 September 1948, berawal dari kota Bukittinggi Sumatera Barat. Tatkala Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) menghadapi Agresi Militer Belanda II. Saat terjadinya pengungsian besar-besaran. Pria, wanita, dan anak-anak meninggalkan rumah mereka sehingga menjauhi titik-titik peperangan.

Untuk mencegah terjadinya penyusupan, para pengungsi harus diperiksa oleh polisi. Namun para pengungsi wanita tidak mau diperiksa apalagi digeledah secara fisik oleh polisi pria. Karena itu maka dibentuklah Polisi Wanita.

Menurut Kapolda, kegiatan ini bertujuan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Polwan yang ke- 70. Selain itu juga mengingatkan kembali atas jasa-jasa pahlawan kepada anggota Polwan agar dapat menjadi semangat dan motivasi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya di Kepolisian Republik Indonesia.

Setelah itu, kegiatan  dilanjutkan dengan Testimoni Kapolda Jabar  mengucapkan,  Selamat Hari Jadi Polwan Tahun 2018 Semoga Polwan semakin Promoter dan Menyukseskan Agenda Kamtibmas 2018 dan 2019, Polwan Promoter. (Sumber : Humas Polda Jabar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here