Silaturahmi antara Kapolda Jabar dengan Eklemen Mahasiswa Tingkat Jabar

Laporan : Yatiman

Bandung, metropuncaknews.com – Pada Jum’at (19/10), di Aula Riung Mumpulung Mapolda Jawa Barat, telah dilaksanakan kegiatan silaturahmi Kapolda Jawa Barat Irjen. Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si. dengan pengurus elemen mahasiswa Tingkat Jawa Barat. Tujuannya,  untuk mempererat silaturahmi dan kemitraan serta kerjasama antara Kepolisian Daerah Jawa Barat, khususnya dalam mewujudkan situasi Kamtibas yang kondusif dalam rangkaian Pileg dan Pilpres 2019.

Kegiatan tersebut, dihadiri Kapolda Jabar, Wakapolda Jabar beserta Pejabat Utama Polda Jabar. Sedangkan dari elemen mahasiswa Tingkat Jawa Barat, yang hadir adalah unsur PKC PMII Jawa Barat, Kopri Jawa Barat, GMNI Jawa Barat, Pw KAMMI Jawa Barat,  Hima Pekar Jawa Barat, GMR Jawa Barat,  Pw PII Jawa Barat, Hima Persis Jawa Barat, Badko HMI Jawa Barat,  Kohati Jawa Barat, KMHDI  Jabar, IMM Jawa Barat, BEM SI, Institut Masyarakat Madani Indonesia.

Mewakili elemen mahasiswa, Ketua PKC PMII  Jabar, Fachrurizal  dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kapolda Jabar yang telah bersedia melakukan silaturahmi dengan pengurus elemen mahasiswa Tingkat Jabar, Selain itu, juga disampaikan bahwa dalam momentum Pileg dan Pilpres,  serta dalam menjaga situasi keamanan di Jabar agar tetap  kondusif, maka direncana akan diselenggarakan kegiatan Deklarasi Damai pada tanggal 28 oktober 2018. Acara tersebut akan diselenggarakan di gedung KNPI Jabar sebagai wujud peran aktif dan kepedulian akan situasi keamanan dari pihak mahasiswa.

Sementara Kapolda Jabar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap giat silaturahmi dengan perwakilan elemen mahasiswa. Kapolda juga mengatakan, ada dua  momen penting pada bulan Oktober. Yaitu Hari Santri dan Hari Sumpah Pemuda.

Selanjutnya Kapolda Jabar mengatakan, kebhinekaan yang ada di Iindonesi, terdiri dari 714 suku bangsa.  Sampai saat ini masih bisa terjaga bersamanya. “ Untuk itu peran mahasiswa begitu penting, karena keberagaman merupakan keniscayaan yang harus dipertahankan persatuannya,” kata Kapolda.

Selain Itu Kapolda mengharapkan,  agar mahasiswa dapat mewarisi perjuangan para pejuang terdahulu dan dalam Pilkada serentak peran mahasiswa sangat membantu menjaga kondisi kamtibmas.   Karena itu, mahasiswa diminta pula untuk cerdas dengan pemberitaan di media sosial, serta dapat menjadi agen pembaharuan yang baik.

Kapolda mengatakan, keberhasilan Polri dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif juga karena bersinergi dengan TNI.  Diingatkan pula oleh Kapolda, untuk menjadi bangsa yang besar harus didukung dengan stabilitas politik dan keamanan. Karena keamanan merupakan  domain Polri sebagaimana UU no. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi yang berisi saran dan masukan baik dari elemen mahasiswa mau pun dari pihak Polda Jabar. Terutama masalah perlunya sosialisasi tentang UU ITE dan perlunya deklarasi dalam wadah jambore elemen mahasiswa dengan Polri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here