Lepi Ali Firmansyah

Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Dalam melaksanakan kegiatan pembagian bibit pohon di Desa Mekarsari Kecamatan Cikalongkulon Cianjur, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cianjur, Lepi Ali Firmansyah menegaskan, ada empat poin yang wajib dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur . 

Pemkab Cianjur harus konsisten mengendalikan laju arus alih fugnsi lahan. “ Jangan sampai lahan pertanian semakin menyempit, dan mengurangi produktifitasnya,” ujar politisi yang juga Ketua DPC PKB Cianjur ini memulai inti pembicaraannya, Minggu (22/9).

Selain itu, demi kesejahteraan, petani perlu dibantu terkait dengan akses permodalan. Hal ini agar para petani tidak terjebak jerat rentenir atau perangkap utang yang tidak berkesudahan.

” Ini banyak terjadi pada para petani di Cianjur, dan hal ini harus dibantu jalan keluarnya,” ujar pria yang akrab disapa Kang Lepi mengingatkan.

Selanjutnya, pemerintah harus memfasilitasi dan menjadi penengah terkait adanya sengketa lahan. Sekaligus ada jaminan keamanan atau hukum bagi petani penggarap yang bercocok tanam di tanah-tanah terlantar dengan status HGU.

” Dan terakhir, pemerintah perlu segera merefitalisasi infrastruktur pertanian. Baik irigasi untuk mengairi areal pesawahan maupun infrastruktur jalan yang menghubungkan pusat pertanian dan kegiatan ekonomi lainnya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here