Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Bertempat di Taman Kreatif Joglo, Cianjur, Gerakan Resik Nusantara (GRN) bersama Ditjen Gakum Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK), mengadakan kegiatan ‘Kampanye Peduli Lingkungan Untuk Selamatkan Sumber Daya Hutan Di Daerah Aliran  Sungai Citarum, Sabtu (23/2).

Kegiatan tersebut, diikuti oleh seluruh lapisan elemen masyarakat dan stekholder Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur.

Pelaksanaan kampanye ‘Peduli Lingkungan Untuk Selamatkan Sumber Daya Hutan Di Daerah Aliran  Sungai Citarum’, dimulai dengan senam pagi, penampilan komunitas hewan alacadar, dan sebagai pengisi acara live perform musik persembahan Forum Musisi Cianjur.

Adapun acara inti dari kegiatan tersebut adalah mendeklarasikan jaga lingkungan. Deklarasi dilakukan secara bersama-sama oleh semua pihak yang hadir. Selain itu juga berkomitmen dengan menandatangani petisi yang isinya adalah perjanjian untuk menjaga dan disiplin supaya tidak membuang sampah sembarangn yang dapat meruksak lingkungan di Kabupaten Cianjur.

Setelah semua rangkaian kegiatan dilaksanakan, acara ditutup dengan melakukan aksi bersih-bersih. Kemudian turun ke jalan yang dikomandoi oleh Gerakan Resik Nusantara.

Panitia pelaksana Angga dari GRN mengatakan, masyarakat Cianjur harus sadar dan tertib dalam mengelola sampah.

” Berbicara lingkungan adalah berbicara tentang keterpanggilan jiwa, sentuhlah alam dengan jiwa dan cinta. Maka dengan demikian alam pun akan merespon dengan cintanya, serta akan lebih memberikan yang terbaik untuk kehidupan manusia dialamnya, baik lingkungan sekitar, gunung, sungai dan lautan,” kata Angga.

Atas nama relawan dan aktivis lingkungan, GRN menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat Cianjur, untuk sadar dan tertib. “ Tidak lagi membuang sampah ke sungai dan kejalan, melainkan harus bisa membuang sampah pada tempatnya, sesuai jenisnya,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here