Rakor Pam Arus Balik Ops Ketupat

Cirebon, metropuncaknews.com – Dalam rangka pengamanan arus balik Ops Ketupat 2018, Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, M.M, menyelenggarakan rapat koordinasi lintas sektoral. Kegiatan tersebut dilaksanakan di RM Simpang Raya Rest Area 208 Tol Palikanci Ds.Setupatok Kec.Mundu Kab Cirebon, Minggu (17/06).

Kegiatan tersebut dihadiri Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M (Kakor Lantas Polri), Kapolda Jabar, PJU Polda Jabar, Dir Lantas Polda Jateng, Dir Lantas Polda Metro Jaya, Kapolres jajaran Polda Jabar jalur Pantura Jabar, PJU Polres jajaran Polda Jabar jalur Patura Jabar, Kaden C Sat Brimobda Jabar, Dir Pol Air Polda Jabar, Direktur PT. Jasa Raharja, Dandim se- wilayah III Cirebon dan jalur Pantura Jabar.

Selain itu, nampak hadir pula Walikota/Bupati se- wilayah III Cirebon dan jalur Pantura Jabar, Direktur PT.Jasa Raharja Jabar, Kadishub se- wilayah III Cirebon dan jalur Pantura Jabar, Kadis PUPR se- wilayah III Cirebon dan jalur Pantura Jabar, Kadinkes se- wilayah III Cirebon dan jalur Pantura Jabar, Basarnas Jabar, Marketing PT.Pertamina Jabar, PT. Jasa Marga Tol Palikanci dan Cikampek, PT. MLS Tol Cipali.

Dir Lantas Polda Jateng dalam papatannya mengatakan, arus balik Ops Ketupat 2018 dari arah Jateng ke Jabar melalui Pantura Jawa diprediksi mulai padat tanggal 18 Juni 2018. Selain itu, di Pantura Jateng masih banyak perlintasan kereta api yang belum dibuat jembatan layang. Selanjutnya mulai  pukul 22.00 WIB gerbang tol dari barat ke timur ditutup.

Sementara Dir Lantas Polda Jabar mengatakan, penempatan Pam di Pos Pam di rest area jalan tol di arus balik (barat ke timur) serta penguatan personil dengan melibatkan TNI, Dishub dan Pramuka. CB diantaranya melakukan buka tutup jika rest area penuh. Jika sampai macet di jalan tol maka dilakukan kontra flow.

Tidak ada lagi pedagang asongan di jaan tol. Tim urai menggunakan R.2 dan R.4. SOP kontra flow sudah ada.

Sedangkan Dir Lantas Polda Metro Jaya mengatakan, arus balik dari Jatim, Jateng dan Jabar akan melalui jalan tol. Ada bottle nek karena masih ada pekerjaan jalan, serta saat arus padat atau macet banyak pedagang asongan. Sudah disiapkan alternatif-alternatif CB saat terjadi padat arus maupun saat macet.

Selanjutnya arahan Kapolda Jabar menyebutkan, harus ada sinergi antara Jateng, Jabar dan Metro Jaya saat menghadapi situasi arus balik. Personil pengamanan harus simpatik dan humanis. Ops Ketupat 2018 adalah operasi kemanusiaan. Pedomani CB dan SOP yang sudah dibuat, dibarengi dengan Wasdal dan Waskat dari setiap unsur pimpinan secara berjenjang. “ Karena itu para Kapolres wajib ikut turun menangani saat terjadi padat arus maupun kemacetan lalu lintas serta selalu berkoordinasi antar Polres,” kata Kapolda Jabar.

Ada pun arahan Kakorlantas Polri sebagai berikut, Polri telah mendapat apresiasi yang baik dalam pengamanan arus mudik Ops Ketupat 2018. Untuk itu dan ditekankan agar saat arus balik juga mendapatkan apresiasi yang lebih baik. Tidak ada kejadian macet dalam arus balik Ops Ketupat 2018, oleh karenanya koordinasi lintas Polda, Polres dan instansi terkait harus ditingkatkan.

CB dan SOP yang sudah ada dalam penanganan arus balik harus dilaksanakan dengan benar dan selalu di Wasdal/Waskat secara berjenjang. Petugas pengamanan dalam bertugas selalu mengutamakan keselamatan dan humanis serta tidak arogan.

Selanjutnya dari Dishub Jabar mengatakan, Kementrian Perhubungan telah menyiapkan rambu-rambu jalan di titik-titik rawan padat arus dan macet serta rawan bencana. Dishub juga menerjunkan personil pengamanan Ops Ketupat 2018 di Pospam bersama dengan Polri dan TNI.

Sedangkan dari Basarnas mengatakan, untuk daerah rawan bencana alam sudah dipetakan di seluruh Indonesia. Petugas Basarnas juga disiagakan di Pos daerah rawan bencana dengan seluruh dukungan alat dan logistiknya.

Selesai Rakor dilanjutkan kegiatan ramah tamah dan makan siang serta press release Pkl.12.30 WIB. Kapolda Jabar melaksanakan Sholat Dzuhur berjamaah di Masjid Rest Area 207.B

Seusai sholat dzuhur, Kapolda Jabar memberikan bingkisan Lebaran kepada Petugas Posyan Rest Area 208 Tol Palikanci Cirebon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here