Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Malang nian nasib Rustandi alias Nunun (55). Seorang laki-laki paruh baya warga Kampung Tugu RT 03/18 Kelurahan Sayang Kec/Kab. Cianjur. Ia terpaksa tinggal disebuah gubuk berukuran 2 X 2 meter, setelah rumahnya ludes terbakar, 3 tahun silam.

Dalam kesehariannya, Nunun mengaku hanya sebagai penjaga kuburan. Untuk mendapat sesuap nasi, Nunun setiap harinya membersihkan kuburan. Pekerjaan itu dilakukan, karena tak ada pekerjaan lain yang bisa dikerjakannya.

” Diusia yang sudah tua seperti ini, untuk bekerja di orang lain rasanya sulit, dikhawatirkan hanya akan menghambat pekerjaan orang lain saja karena faktor usia jadi lambat dalam bekerja,” ucap Nunun saat ditemui di area pemakaman Kampung Tugu RT. 03/18), Minggu (26/04).

Nunun juga menceritakan, sebagian dari pengalamannya selama menjaga kuburan, dalam sehari Nunun mengaku hanya bisa makan dalam satu hari satu kali saja. Baik bulan biasa maupun bulan puasa.

” Saya makan sehari hanya satu kali, dengan membeli nasi Rp. 2000,- sama lauknya Rp. 1000,- . Uangnya hasil bersihin rumput sama nyapu di sekitar kuburan, kan suka ada yang ngasih uang kalau ada yang lewat atau ziarah ke makam,” aku Nunun dengan wajah memelas.

Lanjutya, selama disini (menjaga kuburan) pernah dapat uang dari Ketua RT Rp. 100.000,- itu pun selama 8 bulan disini. ” Ya, mungkin itu sudah menjadi rezeki bapak, saung ini juga kan dibangun sama tokoh-tokoh disini yang peduli,” ungkap Nunun sembari menyeka air matanya.

Disinggung mengenai adanya bantuan bagi orang yang tidak mampu dari pemerintah, Nunun pun menjawab bahwa surat-surat administrasi kependudukannya sudah dititipkan di Ketua RT. Diharapkan akan datangnya secercah harapan untuk kehidupan dan penghidupan yang layak bagi seorang penjaga kuburan.

” Bantuan alhamdulillah sekarang sudah dipasang token listrik untuk penerangan, selebihnya dari itu untuk mendapatkan bantuan bapak titipkan surat-surat administrasi kependudukan di pak RT, jadi kalau ada yang membutuhkan data bapak gampang. Mudah-mudahan ada rezeki dari Alloh buat bapak yang dititipkan di para dermawan yang peduli kehidupan warga miskin,” harap Nunun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here