Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Adalah Ervan (7) anak pertama dan Yosi (3) anak ketiga dari pasutri Siregar (32) dan Hevi (29), warga Kampung Panorama Tungturunan RT 03/10 Desa Sukasirna Kecamatan Sukaluyu Cianjur Jawa Barat.

Kedua bocah tersebut, kondisinya sangatlah memperihatinkan. Dua dari tiga anak pasutri itu mengalami tuna netra sejak lahir.

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, Hevi hanya membantu suaminya berjualan kopi dan jajanan anak kecil. Dari hasil berjualan yang tidak seberapa itu, selain untuk biaya hidup, ia juga harus menyisihkan untuk membayar kontrakan sebesar Rp 400 ribu rupiah setiap bulannya.

Menurutnya, ia rela membantu perkonomian suaminya yang bekerja serabutan demi menghidupi anak-anaknya yang mempunyai gangguan penglihatan.

“ Saya mempunyai tiga anak dengan kondisi dua anak terlahir sebagai penyandang tuna netra yaitu Ervan dan Yosi anak cikal dan anak bungsu. Sementara Yonas anak kedua yang berumur 5 tahun terlahir normal. Keseharian saya membantu perekonomian suami dengan berjualan kopi dan jajanan anak-anak,” kata Hevi saat ditemui di rumahnya, Selasa,(01/06/2021).

Hevi melanjutkan, kadang hinaan dan gunjingan tetangga maupun saudara sendiri sering dialami. Namun Hevi tetap bersyukur dalam menjalani kehidupan walau terkadang terasa sangat berat dirasakan.

“ Walau berat beban hidup yang saya rasakan, tapi saya tetap berusaha tegar dalam menjalaninya,” tutur Hevi dengan matanya yang berkaca-kaca.

Hal serupa pun kian dirasakan Siregar, dia mengaku dirinya merasakan hal yang sama seperti yang dirasakan istrinya. Dirinya merasa sulit dalam mencari nafkah untuk menghidupi keluarga karena pekerjaannya tidak menentu.

“ Saya berharap, penderitaan keluarga saya cepat berlalu dan saya pun selalu berdoa agar mendapatkan pekerjaan yang tetap dan usaha istri pun (jualan) semakin hari semakin laris demi menghidupi anak-anak. Semoga ada yang peduli dengan kedua anak saya yang menderita tuna netra, baik dari pemerintah pusat, daerah maupun dari para dermawan yang terketuk hatinya untuk membantu anak saya,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here