Laporan : Atul Wolio

Baubau, Metropuncaknews.com – Belum cukup dua minggu atau kurang lebih 10 hari lamanya, rumah Pak La Udu (50 th) yang  pernah dijanjikan oleh Pemerintah Kota Baubau, berukuran 6 x 6 m² (Tipe 36), 80 % dinyatakan rampung.

” Sudah berjalan sekitar 10 hari lebih, termasuk pengecoran tiang penyangga,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Baubau, Yulia Widiarti, ST. M.Si saat diwawancarai langsung

Demi memastikan itu, Kadis DPKP tinjau langsung kemajuan proses pembangunan rumah kediaman La Udu, yang terletak di sebelah Terminal Luar Kota Waromusio, Kelurahan Kadolomoko Kecamatan Kokalukuna, pada Kamis (26/03/2020) Pukul 12.00 Wita.

Lanjutnya, hitungnya 80%, karena bahan sudah siap (lengkap) dan tidak ada kendala. “  Jadi yang dihitung hanya tinggal pekerjaannya saja,” beber Yuli didampingi Kepala Bidangnya, Sumartoyo.

Namun ada tambahan anggaran. Sebelumnya ditarget Rp 30 juta untuk bahan dan Rp 5 juta untuk biaya tukang (teknisnya). Tetapi ulang koordinasi dengan tukang, ada tambahan sebesar Rp 5 juta.

” Setelah kita koordinasi Rp 5 juta untuk tukang tidak cukup, setelah disepakati untuk tukang Rp 10 juta, sehingga total keseluruhan Rp 40 juta,” terang Yuli.

Untuk tukangnya, masih kata Kadis, ada dua orang. Tukang-tukang ini, selain tidak meminta upah sesuai hitungan normalnya, juga karena rasa pedulinya dengan La Udu.

” Adalah yang mereka dapat, tapi lebih kepada menolong kepada Pak La Udu nya. Kalau bicara untung ruginya apa yang mereka dapatkan tidak mencukupi, seperti apa yang selama ini mereka alami,” tuturnya.

Dilihat dari perkembangan kontruksi pengerjaan bangunannya, kata Kadis lagi, rumah La Udu, dipastikan kelar dalam waktu seminggu lebih kedepan.

” Kalau listriknya, kita kasih masuk pada triwulan ketiga 2020 nanti. Kita pakaikan listrik pra bayar,” imbuhnya.

Untuk lokasi berdirinya rumah La Udu ini, yakni mengunakan lokasi tambat perahu. Sesuai kesepakatan warga setempat atas berita acara yang dibuat di Kantor Kelurahan setempat.

” Jadi bukan dihibahkan, ini kesepakatan masyarakat, sekaligus disesuaikan keinginan Pak La Udu yang ingin tinggal dekat laut,” jelas Kadis.

Selain pihak Kelurahan, Kata Kadis, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan kepala UPTD terminal luar kota Waromusio untuk diketahui intansi yang berwenang ditingkat provinsi.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Baubau melaui Wali Kota, Dr H AS Tamrin MH, menjanjikan kediaman baru pada La Udu. Itu, usai AS Tamrin menyambangi dan melihat langsung kondisi kediaman La Udu, yang sejak 10 tahun lamanya bernaung disalah satu goa yang ada di Kota Baubau, dan sangat memprihatinkan.

Tersentuh akan nasib warganya, Wali Kota lalu mengintruksikan Kadis Perumahan untuk segera melakukan pencarian lokasi untuk dibuatkan rumah bagi La Udu tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here