Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat bersama rombongan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah IV Cianjur, Bandung Barat Cimahi, meninjau langsung lokasi wisata Pantai Cemara Cipanglay Desa Cidamar Cidaun Cianjur Selatan, Rabu (17/06) kemarin.

Peninjauan tersebut dilakukan lantaran Kabupaten Cianjur memiliki lahan kritis terluas di Jawa Barat. Karena itu diperlukan adanya penghijauan di lahan-lahan kritis tersebut. Baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Salah satunya adalah berada dipinggiran Pantai Selatan Cianjur.

Adapun tujuan peninjauan tersebut adalah untuk melihat langsung lokasi Pantai Cemara Cipanglay, untuk ditanami bibit pohon Cemara Udang yang disumbangkan oleh ASN Sekolah SMKN 1 Cidaun.

Selain itu untuk perluasan kawasan dan penataannya di lahan seluas 13,5 Hektar yang dipenuhi dengan pohon Cemara Udang.

Nampak hadir pada kegiatan peninjauan itu, Forkopimcam Cidaun, yang terdiri dari Kapolsek, Danramil, Camat, Kepala Desa, Kepala Sekolah SMKN 1 Cidaun dan Kelompok Tani Hutan (KTH) serta tokoh masyarakat.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Efi Kustiawan mengatakan, Pemprov Jabar yang dimotori Gubernur Jabar, tengah mengadakan program Gerakan Tanam Dan Pelihara Pohon (GTPP). Yaitu dengan melakukan penanaman sebanyak 50 juta pohon untuk Jawa Barat termasuk di Kabupaten Cianjur.

” Kabupaten Cianjur ini, termasuk salah satu kategori kabupaten yang memiliki lahan kritis terluas di Jawa Barat, sehingga harus terus melakukan penghijauan,” kata Efi.

Lebih lanjut Efi mengatakan, lahan seluas kurang lebih 13.5 Hektar di Pantai Cemara Cipanglay ini, akan ditanami pohon Cemara Udang sesuai dengan habitat hutan pantainya.

” Penghijauan ini akan terus dilaksanakan oleh Pemprov Jabar, Kabupaten sampai masyarakat. Nantinya kita akan melibatkan semua unsur masyarakat, supaya rehabilitasi itu jalan terus. Untuk jenis pohonnya sendiri, itu tergantung pada jenis pohon yang ada diwilayahnya,” pungkasnya.

Kunjungan kerja tersebut disambut antusias Ridwan Gunawan SP, PK Muda wilayah kerja Kecamatan Cidaun dan Kecamatan Naringgul kelompok binaan Keluarga Tani Hutan (KTH) Cidamar lestari Cipanglay.

” Tentunya kami mengucapkan terima kasih pada bapak kepala dinas yang sudah datang ke lokasi Pantai wisata Cemara wilayah kerja KTH. Mudah-mudahan apa yang diprogramkan bisa berkelanjutan di wilayah kami ini,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here