Laporan: Sam/Iriyanto

Cianjur, metropuncaknews.com
Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Cianjur, didampingi Forkopimcam Ciranjang, Cianjur, Jawa Barat, Jum’at (29/10/2021) resmikan gedung Yayasan Rumah Pulih Jiwa (YRPJ) Ciranjang.

Peresmian gedung tersebut, ditandai dengan do’a bersama dan gunting pita yang dilaksankan Kadinsos Cianjur Drs.H.Asep Suparman didampingi Camat, Polsek, Danramil dan Pembina YRPJ Ciranjang.

Kadinsos Kabupaten Cianjur, H. Asep Suparman mengatakan, menurut informasi dari Ketua YRPJ, bahwa sebelumnya para ODGJ mendiami gedung kurang layak huni, ruangannya kecil tidak memuat banyak para ODGJ juga lokasinya berada di dalam perkampungan.

Kalau yang sekarang diresmikan, itu selain gedungnya besar dan muat untuk puluhan ODGJ juga terletak di pinggir jalan raya Cianjur – Bandung, tepatnya di Kampung Pasir Gudang /Pasir Honje Desa Cibiuk,” tempatnya yang sekarang itu strategi dan layak untuk menampung puluhan orang ODGJ”.

Dengan itu, pihaknya mengapresiasi pada pihak YRPJ Ciranjang yang telah telah mampu bersosial memulihkan para ODGJ, namun hal itu perlu adanya Kerjasama dengan berbagai elemen masyarakat dan Pihak keluarga para ODGJ, sebab bukan hanya memulihkan saja tapi yang tidak kalah penting pasca pemulihan.

“Pemulihan para ODGJ itu tidak mudah melainkan harus adanya Kerjasama dengan berbagai elemen dan pihak keluarga, karena pulangnya ODGJ setelah dipulihkan tidak diterima pihak keluarga dan masyarakat,”

Maka dengan itu, diharapkan pada semua elemen masyarakat mohon bantuannya juga para ODGJ yang dipulangkan ke keluarganya jangan dijatuhkan melainkan diberi semangat baru, beri kegiatan yang sifatnya positif, Ucapnya.

Sementara itu, Pembina YRPJ Ciranjang, Alit Sojariyah (57) menambahkan, pihaknya berucap terima kasih pada Kadinsos Cianjur, Forkopimcam Ciranjang dan seluruh elemen masyarakat setempat yang telah ikut andil dalam mensukseskan YRPJ Ciranjang.

Selain itu pihaknya mengharapkan Jajaran pengurus YRPJ Ciranjang harus memiliki semangat, karena gedung yang baru dihuni sekarang akan mampu menampung puluhan ODGJ dan semoga gedung yang sekarang baru dihuni kedepannya dimiliki pihak YRPJ, Pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here