Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com, 5 Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Ciranjang, telah melaksanakan Serah Terima Jabatan (Sertijab). Mereka masing-masing, Kades Cibiuk Dahlan Ripai, Nanggalamekar Hilman, S.Kom, Sindangsari Rina Hadi Suartika, Kertajaya Sunandar dan Kades Gunungsari Aji Cahya. Warga berharap kades yang baru melaksanakan Sertijab itu, mampu melayani waeganya secara serius, optimal dan maksimal.

Selain itu, tugas awal yang sangat penting saat ini adalah, segera membentuk  Tim Satuan Tugas (Satgas) Penaganan & Penanggulangan Covid-19/ Untuk itu, perlu melakukan koordinasi dengan BPD, tokoh masyaraka, elelemen lainnya yang ada di desa dan seluruh masyarakat yang ada di lingkungan desanya masing – masing.

Camat Ciranjang Wahyu seletelah selesai menyaksikan Sertijab 5 Kades tersebut, Rabu (15/04) mengatakankan, pihaknya mengucapkan selamat dan sukses pada Kades terpilih yang beberapa hari lalu telah dilantik Plt Bupati Cianjur dan kini melaksanakan Sertijab. Camat berharap, para kades yang baru melaksanakan sertijab, mampu melaksanakan tugas pelayanan terhadap masyarakat dengan sepenuh hati, lugas, tegas dan bijak.

Camat juga berpesan, agar para kades yang baru segera melakukan komunikasi dan koordinasi dengan seluruh perangkat desa, BPD dan dengan seluruh elemen masyarakat di desanya masing-masing. Hal itu dipandang perlu agar dalam melaksanakan tugas pelayanan pada masyarakat terlaksana dengan baik.

Camat juga mengingatkan, agar segera membentuk Satgas pencegahan dan  penanggulangan Covid-19. Diharapkan, Satgas ini dapat terbentuk mulai tingkat RT dan RW.

Karena adanya wabah Covid-19 tersebut jangan dianggap sepele. Melainkan harus ditangani dengan serius dan pasti. “ Karena hal itu berkaitan dengan keselamatan jiwa manusia,” katanya mengingatkan.

Selain itu, Camat juga mengingatkan agar segera melakukan perubahan anggaran APBDes untuk penanggulangan dampak Covid-19 tersebut. Alokasi dananaya bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020.

Selanjutnya Camat mengucapkan terima kasih dan selamat pada 5 orang Pjs Kepala Desa yang telah melaksanakan tugas dan mensukseskan pelaksanaan Pilkades beberapa waktu lalu. “ Sekarang mari kita melaksanakan lagi tugas ditempat semula,” ucap Wahyu.

Sementara itu, Kades Cibiuk Dahlan Ripai menambahkan, setelah dilantik dan melaksanakan Sertijab, sebagai langkah awal pihaknya akan melakukan koordinasi dengan seluruh aparat desa, BPD, LPM, PKK Karangtaruna, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat setempat. “ Selanjutnya akan membentuk Satgas tingkat desa sampai dengan tingjat RT dan sekigus melaksanakan penyemprotan disinsfektan di wilayah Desa Cibiuk, khususnya di lingkungan rumah penduduk dan fasititas umum lainnya,” ucap Dahlan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here