Sebanyak 1500 1n1k yatim piatu, jompo dan ghuja menerima santunan dari Kepala Desa Sukarahaja H. Abi

Liputan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Sekitar 1500 anak yatim Piatu, dhuafa dan jompo warga Desa Sukaraharja, Kecamatan Cibeber, menerima santunan dari Kepada Desa Sukaraharja H. Saipudin atau yang akrab disapa H. Abo, Selasa (12/06).

Santunan yang diberikan H. Abo berupa uang tunai dengan nilai vareatif. Mulai dari senilai, Rp. 50 ribu, Rp. 100 ribu dan Rp. 300 ribu, perorangnya, Acara tersebut disaksikan Muspika Cibeber, Babinmas, Babinsa dan Linmas yang mengatur antrian massa.

Berkat kepiawaian Muspika, Babinmas, Babinsa, Linmas dan para pemuda, pembagian santunan terlaksana dengan tertib, aman dan lancar. Sebelum adzan Margib tiba, dilaksanakan tausiyah dengan ustad setempat dan ditutup dengan buka bersama. Selanjutnya hadirin dihibur dengan musim religi secara life  diiringi group musik qasiah Ashbo pimpinan Kepala Desa Sukaraharja itu sendiri.

Pada acara tersebut, H. Abo mengatakan, semua itu dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap sesama. Pada acara itu, bukan hanya yatim piatu, jompo dan dhuafa saja yang menerima santunan dari H. Abo, tapi hampr semua kalangan mendapy santunan. Seperti seluruh aparatur desa, PKK, BPD, LPM, Ketua RT/RW, para kader Posyandu, Linmas, para Ustadz guru ngaji dan imam mesjid. Kegiatan tersebut dilakukan semenjak H. Abo menjadi kepala desa sekitar tahun 2008, hingga sekarang.

Tentu saja pemberian santunan tersebut, dari tahun ketahun jumlahnya itu sangat vareatif. Mulai dari 200 ribu per orang dan sekarang sudah mampu untuk menyantuni hingga 1500 orang. Seluruh dana santunan tersebut, didapat dari hasil usaha keluarganya selama satu tahun.

  1. Abo berharap, kedepan pihaknya dapat menyantuni warga dari luae desa. Sekarang ini baru mampu diberikan pada yatim, piatu, dhuafa dan jompo pada warga yang ada di Desa Sukaraharja saja.

Menurut dia, pihaknya termotifasi dari berbagai ayat Al-quran. Seperti pada surat Albaqarah ayat 83,177, 215, 220 dan pada surat lainnya dalam Al-quran yang menyatakan, anak yatim, dhuafa, jompo dan fakir miskin itu kewajiban orang orang yang beriman dan hartanya sudah berkecukupan.

Selain itu, juga pihaknya melaksanakan reinkarnasi. Kilas balik pada dirinya sendiri. Yaitu, pihakya sejak kecil bukan dilahirkan dari orang tua yang berkecukupan. Melainkan dari keluarga yang kurang beruntung. Selain itu, H,Abo sejak usia SD sudah ditinggalkan ibu tercintanya meninggal dunia. “ Hal itulah yang dirinya rsakan hingga kini ia bisa berbagai harta dari penghasilan usahanya,” ucap H. Abo pada awak media/

Sementara itu, Camat Cibeber Ali Akbar menambahkan, dengan adanya kegiatan penberian santunan ini, diharapkan dapat membantu warga yang kurang bruntung. Selain itu, apa yang dilakukan H. Abo sangat sejalan dengan program Bupati Cianjur. Yaitu dalan 7 pilar keagamaan. diantaranya memneri harta dan menyantuni anak yatim, dhuapa dan jompo.

“ Maka diharapkan, kegiatan santunan yang dilaksanakan kepala Desa Sukaraharja, bisa diikuti para Kades lainnya yang ada di Kecamatan Cibeber. Karena hal itu selain sesuai dengan orogram Bupati Cianjur, juga sangat dibutuhkan yatim, piatu, dhuafa dan jompo apalagi dalam menghadafi hari yang fitrah,” ucap Ali Akbar kepada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here