Pembagian serifikat di Desa Rahong

Laporan : H. Rudi Salam

Cianjur, metropuncaknews.com –  Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap  (PTSL) Tahun 2018 untuk Desa Rahong Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur, akhirnya selesai. Hal tersebut terlihat dengan mulai dibagikannya sertifikat tanah tahap 1 pada masyarakat di aula Kantor Desa Rahong, Sabtu (9/2).

Nampak hadir pada acara pembagian sertifikat tersebut, Sekretaris Tim dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kab. Cianjur yang ada di Desa Rahong,  Parini, SH, Kades Rahong E. Koswara, Sekretaris Desa Rahong, prangkat Desa Rahong,  BPD, LMD dan warga Desa Rahong.  

Pada kesempatan tersebut, Parini mengatakan, alhamdulillah pihaknya sudah mulai bisa membagikan sertifikat pada masyarakat. Terutama bagi desa yang mendapat program PTSL ini. Khususnya untuk Desa Rahong ini mendapat 1850 serfikat.

Namun demi tertibnya pembagian sertifikat, masih kata Parini, maka saat ini dibagikan 215 serfikat. Sisanya untuk minggu ini dan dilanjutkan minggu berikutnya sampai terbagikan semua pada masyarakat.

Parini menegaskan, program ini bisa berjalan dan sukses karena kerjasama semua pihak. Sementara itu Kades Rahong E. Koswara saat ditemui di di lokasi pembagian serfikat mengatakan, alhamdulillah Desa Rahong mendapat program PTSL ini sebanyak 1850.

Lebih lanjut Koswara mengatakan, hari ini masyarakat Desa Rahong sudah mulai menerima serfikat tesebut. Ini tentunya merupakan bukti keseriusan pemerintah melalui BPN yang mau memperhatikan masyarakat. Khususnya berkenaan dengan status kepemilikan tanah.

Sehingga kedepan sengketa tanah di wilayah Desa Rahong, kata Koswara, bisa berkurang. Karena hak kepimilikannya jelas.

“ Untuk itu, saya atas nama Pemerintahan Desa Rahong mengucapkan terima kasih pada pemerintah khususnya BPN Kab. Cianjur dan instansi lain yang telah membantu kelancaran program PTSL ini. Termasuk  jajaran tim Desa Rahong yang g telah bersusah payah membantu masyarakat melengkapi semua persyaratan sehingga bisa permohonan sertifikatnya dikabulkan,: kata Koswara.  

Sementara, salah seorang warga Desa Rahong, Unang warga Kp. Babakan Jati RT02/01   mengatakan, alhamdulillah dengan program PTSL ini ia bisa memiliki serfikat tanah miliknya. Sebelumnya tidak terbayang akan bisa , apalagi ini gratis.

“ Semoga program ini bisa berlanjut dan semua masyarakat terlayani khusunya masyarakat Desa Rahong ini,” ujarnya dengan wajah berseri-seri sambil memperlihatkan sertifikat yang baru diterimanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here