Laporan : Noverius

Kotawaringin Barat, metropuncaknews.com – Adanya proyek peningkatan jalan di suatu desa, sejatinya disambut antusias kepala desa bersama warganya. Namun tidak demikian dengan yang terjadi di Desa Sukajaya Kecamatan Kolam Kabupaten Waringin. Adanya proyek peningkatan jalan di Desa Sukajaya, malah terkesan membuat Kades Sukajaya, Suwadi kecewa.

Hal tersebut diketahui saat Suwadi dihubungi awak media, Selasa pekan lalu di kediamannya. Saat itu Suwadi mengatakan, dirinya merasa kecewa dengan pelaksana Proyek Peningkatan Kualitas Jalan Desa Sukajaya yang dikerjakan oleh CV KU.

Suwadi mengatakan, mulanya seorang tenaga kerja proyek datang ke rumahnya menanyakan lokasi pekerjaan. Kebetulan lokasi tersebut ada di samping rumah Suwadi.

“ Setelah itu para pekerja proyek pun mengerjakan pekerjaannya. Hingga saya pulang saya tidak tahu apakah proyek tersebut sudah selesai atau belum,” aku Suwadi.

Ada yang disesalkan Suwadi dengan proyek peningkatan kualitas jalan tersebut. Yaitu, pelaksana proyek tidak melibatkan warga setempat untuk mengerjakan proyek itu.

Padahal, lanjut Suwadi, kalau warga diajak bekerja di proyek itu, selain warga mendapat penghasilan juga hasil kerjanya pun akan lain. Karena proyek yang dikerjakan warga itu untuk kepentingan warga itu sendiri.

“ Dan yang paling penting kualitas jalannya, karena kami warga Desa Sukajaya yang akan menggunakannya,” ujar Suwadi.

Lebih lanjut Suwadi mengatakan, pihaknya dan seluruh masyarakat ingin Desa Sukajaya maju seperti desa yang lain yang telah maju. Padahal perhatian pemerintah pusat, provinsi dan Pemkab Kotawaringin Barat terhadap Desa Sukajaya begitu besar. Namun pelaksanaannya tidak sesuai dengan harapan masyarakat.

“ Apa mungkin dengan dana Rp 967.000.000,- hanya bisa mengadakan latrit jalan sepanjang 600 Meter dengan ketebalnya yang tidak sampai 30 Cm, harapan kami masyarakat Desa Sukajaya, Pemkab Kotawaringin Barat atau dinas instansi terkait mau  turun untuk melihat kebenaran pelaksanaan proyek tersebut,” jelas Suwadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here