Laporan : Nana Cakrana

Purwakarta, metropuncaknews.com – Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) pada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta, Sa’diyah mengingatkan, para guru pada aspek tertentu. Karena pembelajaran dalam jaringan (daring) memiliki kelemahan. Namun begitu, guru tidak bisa lepas tangan begitu saja. Sebaliknya, para guru harus bekerja keras mengatasi kelemahan tersebut.

Hal itu diungkapkan Sa’diyah saat memberikan sambutan sebagai pembina pada pelaksanaan apel pagi rutin yang dilaksanakan di halaman Kantor Disdik Purwakarta, Senin (31/8). Kegiatan apel pagi tersebut, selain dihadiri seluruh pegawai dan pejabat Disdik Purwakarta, juga dihadiri Korwil Kecamatan Plered, Tegalwaru, Pasawahan, dan Kepala Sekolah SD.

Sa’diyah menegaskan, pembelajaran online atau dalam jaringan (daring), hanya sampai ketataran kecerdasan intelektual saja. Tidak sampai ke tahap tataran penanaman nilai-nilai spiritual dan kecerdasan emosional, moral, etika, dan adab prilaku akhlak peserta didik.

Oleh karenanya, lanjut Sa’diyah, kelemahan tersebut harus diatasi dengan pembelajaran melalui luar jaringan (luring). Setiap hari guru bisa mengunjungi rumah peserta didik. Guru harus terus berusaha dan bekerja untuk tetap menyampaikan tugas dan tanggung jawabnya.

“ Karena, proses pendidikan sejatinya adalah tatap muka. Interaksi antara guru dengan muridnya,” kata Sa’diyah, seraya berharap,  wabah pandemi Covid-19 ini segera berlalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here