Jembatan Penghubung Empat Kecamatan Perlu Perhatian Khusus Pemerintah

0
279

Laporan : Bah Dhani/Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Jembatan gantung Ciujung yang berlokasi di Kp. Tugu Desa Karyabakti dan Kp. Padawaras Desa Sukaluyu Kecamatan Cikadu, perlu perhatian khusus pemerintah untuk dilakukan pembangunan.

Pasalnya sudah dua kali dibangun pada tahun 2006 dan 2017, jembatan gantung itu sudah rusak. Sehingga saat ini, masyarakat menginginkan pembangunan jembatan tersebut dengan betonisasi supaya kuat.

Diketahui, jembatan gantung tersebut merupakan salah satu akses yang menghubungkan empat kecamatan di Cianjur selatan, antara lain Kecamatan Cidaun, Cikadu Sindangbarang dan Naringgul.

Kepada wartawan, Kepala Desa Karyabakti Sunadi, menyampaikan, pembangunan jembatan gantung tersebut sebenarnya sudah dilakukan dua kali. Pertama dibangun pada tahun 2006 yang hanya bertahan satu bulan, kemudian di tahun 2017 kembali dibangun tapi sudah hancur lagi dan itupun sama, hanya bertahan satu bulan

“Nah, kalau yang dibangunnya jembatan gantung lagi, sama saja menghamburkan anggaran. Artinya pembangunan tersebut sia-sia, karena sudah dua kali dibangun jembatan gantung masing-masing hanya bertahan satu bulan saja,” katanya dalam pesan suara whatsapp saat dihubungi Sabtu, 29 Januari 2022.

Ia melanjutkan, seharusnya pembangunan itu harus tepat sasaran, jangan sampai mubajir seperti itu. Sehingga bisa jelas terasa manfaatnya oleh masyarakat yang sangat membutuhkan akses jalan.

Jadi jangan sampai seperti pada tahun 2016 – 2017, jembatan gantung itu kena musibah bencana alam banjir bandang. Sehingga kerugiannya pun mencapai lebih kurang 400 jutaan karena hancur parah.

“Ya, pembangunan jembatan itu harusnya dibangun dengan rabat beton. Karena menimbang Kabupaten Cianjur mau membuka Daerah Otonomi Baru (DOB) di Cianjur selatan,” ujarnya.

Sebagai pemerintah Desa Karyabakti, sambungnya, mewakili masyarakat Cianjur selatan, kami menginginkan adanya pembangunan jembatan beton.

“Pengajuan pembangunan itu sudah disampaikan ke provinsi, kabupaten bahkan ke anggota dewan daerah dan provinsi, tapi sampai saat ini belum terealisasi,” sambungnya.

Terakhir Kepala Desa menyampaikan, bahwa jembatan itu merupakan akses terdekat dari Cianjur menuju Bandung. Sehingga sangat mendukung berjalannya roda perekonomian masyarakat Cianjur selatan.

“Kalau sudah dibangun dengan beton, mungkin bisa lebih mengembangkan produk unggulan seperti gula aren dan pepaya kalifornia. Jadi kami mohon pembangunan jembatan ini disegerakan supaya kesejahteraan masyarakat Cianjur selatan cepat berkembang, ” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here