Jembatan gantung yang melintasi kali Cilaku ini, perlu perhatian semua pihak. Pasalnya, kondisi jembatan saat ini sudah memprihatinkan

Liputan : Cece

Cianjur, metropuncaknews.com – Jembatan gantung yang terbuat dari anyaman bambu, sepanjang kurang lebih 100 meter, lebar 1,2 meter  yang melintasi kali Cilaku, kondisinya memprihatinkan. Karena sudah lama tidak mendapat perbaikan. Padahal, jembatan gantung itu sangat dibutuhkan warga sebagai penghubung antara Kampung Janga RT 04/04 Desa Langensari Kecamatan Karangtengah dengan Kampung Pasir Rawa RT, 02 /04, Desa Sukaluyu, Kecamatan Sukaluyu.

Anyaman bambunya sudah lapuk dimakan usia. Hingga sulit dilalui pengguna sepeda motor. Bahkan, pejalan kakipun bila melintasi jembatan tersebut,  harus ekstra hati-hati sebab bisa terperosok,  jatuh ke bawah sungai.

Salah seorang warga Kampung Pasir Kacung, Desa Janga, Ujang Saepul (45) mengatakan, jembatan gantung yang terbuat dari anyaman bambu yang melintas di atas kali  Cilaku itu, pertama dibangun sekitar tahun 1980 an. Sedankan anyaman bambunya sebagai alas jembatan, setahun sekali diganti dengan anyaman bambu yang baru.

Namun sekarang, anyaman bambunya sudah hampir 3 tahun tidak pernah diganti. Hingga kondisinya memprihatinkan. Di tengah jembatan sudah banyak anyaman bambu yang lapuk dan bolong-bolong.

“ Karena itu. pada pengguna motor dan para pejalan kaki bila melintasi jembatan gantung tersebut, harus ekstra hati-hati supaya tidak terjadi hal yang tidak diharapkan semua pihak,” kata Ujang.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Langensari Wahyudin (54) menambahkan, pembangunan maupun perbaikan jembatan gantung kali Cilaku, biasanya dikerjakan dua warga Desa Langensari, Kecamatan Karangtengah dan warga Desa Sukaluyu, kecamatam Sukaluyu. Pengerjaannya dimotori pemerintahan dua desa tersebut. Namun entak kenapa dan ada apa. hingga kini belum ada gerakan apapun untuk merenovasi jembatan gantung tersebut.

Wahyudin berharap, Pemerintahan Desa Langensari dan Desa Sukaluyu segera melaksanakan renovasi jembatan gantung tersebut. Karena sekarang kondisinya sudah memprihatinkan. “ Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan semua pihak, baru jembatan direnovasi,” ucap Wahudin pada awak media

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here