Jembatan Gantung Ambruk Diterjang Banjir, Longsor dan Pergeseran Tanah di Kecamatan Tanggeung

0
78

Laporan : Sam Apip

Editor : Yanto Hidayat

Cianjur, metropuncaknews.com – Akibat hujan deras yang cukup lama, sungai Cigembong meluap dan menghancurkan jembatan gantung yang menghubungkan antara Desa Kertajaya dengan Desa Cilongsong, Tegalpanjang, dan Desa Pasir Jambu Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur, Selasa (08/11/22) sekitar pukul 17.00 WIB.

Jembatan gantung yang beralamat di Kampung Pasar Kolot RT 003 RW 001 Desa Kertajaya memiliki ukuran panjang 25 meter dan lebar 1,5 meter ambruk disapu banjir, bukan bencana banjir saja, tapi terjadi juga pergeseran tanah dan longsor di Kampung Pasar Kolot.

Bencana alam tersebut, tidak mengakibatkan korban jiwa, hanya warga sekitar menderita kerugian karena jembatan gantung ambruk terbawa arus sungai dan 5 bangunan rumah nyaris roboh akibat pergeseran tanah.

Kadus wilayah (Kawil) 01 Pasar Kolot Ujang Hambawan (UHA) menerangkan, kurang lebih selama 3 jam hujan deras mengguyur kawasan Kecamatan Tanggeung, yang berakibat meluapnya air sungai Cigembong hingga memporak porandakan jembatan gantung penghubung beberapa desa.

“Jembatan gantung Cigembong itu tiap harinya padat digunakan warga dari kedua arah, untuk melaksanakan aktifitas bertani, sekolah, perekonomian warga dan aktifitas lainnya, untuk sementara warga harus memutar arah menggunakan motor bila ingin bertani, sekolah dan melakukan melakukan aktifitas lainnya, ” ucapnya.

Ia meneruskan sebenarnya bencana itu tidak hanya jembatan ambrol saja, tapi juga pergeseran tanah, 5 bangunan rumah miring nyaris ambruk dan satu keluarga yang kondisi rumahnya sangat memprihatinkan dievakuasi ke rumah tetangganya.

Adapun untuk longsor tidak mengakibatkan terjadinya kerugian untuk warga sekitar, tapi bila tidak segera dilakukan upaya perbaikan maka akses jalan raya nyaris tergusur longsor dan bila ada longsor susulan maka ruas jalan provinsi akan terputus.

Atas kejadian ini pihak Desa Kertajaya telah melaporkan kepada pihak Forkopimcam Tanggeung agar kerusakan tersebut bisa segera diperbaiki.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here