Laporan: Sam/Iriyanto

Cianjur, metropuncaknews.com – Jelang peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 76, warga Kampung Pasir Malaka RW 10 Desa Nanggalamekar Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, lakukan gotong royong benahi dan rias perkampungan. Seperti pagar depan rumah, dinding tembok rumah dan bangunan fasilitas umum dicat warna warni.

Tidak cukup sampai disitu, warga juga bereskan sampah yang berserakan. Memperbaiki parit dan rapihkan lampu depan rumah yang menerangi jalan umum.

Ketua RW 10 Syamsudin (50) memaparkan, gotong royong yang dilakukan warga Kampung Pasir Nangka RW 10 itu, selain merupakan Kampung Binaan juga merupakan tradisi setiap menjelang HUT RI dan tahun baru Islam 1 Muharam. Secara kebetulan sekarang itu, HUT RI ke 76 waktunya berdekatan dengan tahun baru Islam 1 Muharam 1443 Hijriah.

Syamsudin menjelaskan, gotong royong yang dilakukan warga, diantaranya membersihkan rumput di pinggir jalan desa. Membersihkan sampah yang berserakan di setiap sudut perkampungan. Mengecat warna warni pagar, mengecat tembok dinding rumah warga dan yang ada di pinggir jalan. Mengecat bangunan fasilitas umum. Memasang bendera merah putih, umbul – umbul dan merias tempat lainnya.

Seluruh kegiatan tersebut, dibiayaidari hasil swadaya masyarakat. Kas RW dan dari sumbangan Kepala Desa Nanggalamekar. “ Karena itu, sekarang ini Kampung Pasir Malaka terlihat indah juga ramai,” ujar Syamsudin pada awak media. .

Sementara itu, Kepala Desa Nanggalamekar Hilman S.Kom menambahkan, gotong royong warga membenahi kampung halamannya itu, tidak hanya di Kampung Pasir Malaka saja, tapi berdasarkan hasil laporan dari para Ketua RT /RW diseluruh kampung yang ada di Desa Nanggalamekar. Warga Desa Nanggalamekar melakukan hal  yang sama.

Tapi untuk warga Kampung Pasir Malaka RW 10, itu ada lebihnya. Seperti mengecat warna warni pagar depan rumah. Tembok dinding rumah dan mengecat warna warni bangunan fasilitas umum. Kecuali dinding tembok Mesjid itu dicat satu warna.

Selain itu, lampu warna warni ketika menyala pada malam hari, ikut menerangai jalan umum. Ditambah dengan hiasan umbul-umbul di pinggir jalan itu ikut menyemarakan suasana di perkampungan Pasir Malaka.

“ Karena itu, Kampung Pasir Malaka yang nota bene Kampung Binaan, akan diikutsertakan pada lomba Kampung Binaan tingkat Kabupaten Cianjur,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here