Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo, SIK, MH

Liputan : Yatiman

Sumedang, metropuncaknews,com –  Jelang Lebaran 1439 H,  intensitas dan kegiatan di Polres Sumedang semakin meningkat.

Menurut Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo SIK,M,H.jelang Ramadhan lalu pihaknya sudah dua kali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) tingkat sektoral. Pertama adalah dua hari setelah dirinya menjabat sebagai Kapolres Sumedang, (25/04) bulan lalu.

Yaitu bersama dengan Satuan Tugas (Satgas) Pangan polres Sumedang untuk memastikan ketersediaan pangan dan menekan kenaikan harga yang biasanya terjadi menjelang lebaran.

” Kedua pada 8 Mei lalu, kita laksanakan Rakor lintas sektoral juga terkait dengan aktifitas menjelang Ramadhan,” jelasnya pada metropuncaknews beberapa saat lalu di ruang kerjanya.

Lebih lanjut Hartoyo mengatakan, pihaknya undang seluruh komponen dan elemen masyarakat serta dinas instansi terkait. Sehubungan dengan aktifitas menjelang Ramadhan dalam rangka menciptakan suasana Kamtibmas di Sumedang yang aman dan kondusif.

Pada Rakor tersebut, masih kata Hartoyo, dihadiri pihak Dinas Perhubungan, Bina Marga, PUPR dan Jasa Marga.  Satkernya, kata Hartoyo, kita panggil Semua untuk koordinasi pengamanan nanti pada arus mudik dan arus balik.

Kemudian, kita cek ketersediaan pangan dan sembako untuk menekan harga sembako. Terakhir Rakor digelar pada Senin(14/05) lalu. Yaitu gelar Rakor Kamtibmas.

“ Selain institusi terkait kita undang juga Ormas, OKP dan ulama dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Polres Sumedang,” imbuh mantan Kasubdit IV Tipidter Ditkrimsus Polda Jabar.

Selanjutnya terkait dengan terorisme, Hartoyo mengatakan, seluruh elemen terkait dan masyarakat dikumpulkan untuk melawan terorisme. ” Kita tidak takut, Sumedang tidak takut sama teroris dan kita sama-sama melakukan pengawasan untuk menekan rmbrionya,” tegas Hartoyo.

Selanjutnya untuk menjaga kestabilan harga pangan jelang Lebaran,  Satgas Pangan melakukan Sidak setiap minggu yang dikoordinir pihak Polda Jabar dan setiap hari Polres Sumedang memberi laporan.

Menurut dia, dua minggu terakhir, pihaknya terus menerus melakukan Sidak di pasar. “ Pertama saya sendiri dengan dinas instansi terkait, kedua dilakukan Kasatreskrim minggu kemaren,” imbuhnya.

Jadi sudah berkali-kali pihaknya lakukan Sidak. Selanjutnya akan ada program dengan pemerintah daerah. Yaitu pembagian ribuan paket sembako murah dengan harga per paket sembako, sekitar 15 ribu.

Penjualan Sembako Murah tersebut, biasanya digelar menjelang Idul Fitri atau pertengahan Ramadhan. Kemudian untuk lebih mendekatkan diri ke masyarakat, pihaknya juga melakukan Taraweh Keliling (Tarling).

“ Taling tersebut, bukan hanya Kapolres saja, tapi semua Kapolsek dan Bhabinkamtibmas kita perintahkan untuk melakukan pendekatan ke masyarakat dengan melakukan Tarling ke masjid-masjid dan mushola yang ada di seluruh Polres Sumedang,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here