Laporan : Sandi/Dhani

Cianjur, metropuncaknews.com – Ketersediaan pasokan pangan selama bulan Ramadan hingga menjelang Idulfitri 1442 H, diawasi Komisi 4 DPR. Sampai saat ini stok pangan yang tersedia masih mencukupi, bahkan cenderung melimpah.

Anggota Komisi 4 DPR, Budhi Setiawan menyebutkan, pengawasan dan pemantuan ketersediaan pangan, utamanya dilaksanakan di setiap gudang milik Perum Bulog. Dan persediaannya pun menjelang Lebaran Idul Fitri pun dipastikan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

” Kalaupun terjadi lonjakan harga, kemungkinan lebih disebabkan adanya dugaan spekulan, bukan karena kekurangan stok,” kata Budhi pada wartawan saat ditemui seusai menghadiri penyerahan bantuan ikan dari Balai Besar Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Jakarta I di Pendopo Kabupaten Cianjur, Kamis (29/94/2021).

Budhi Setiawan legislator dari Fraksi Partai Golkar ini juga memastikan, dugaan spekulasi lonjakan harga pangan saat momentum hari besar keagamaan biasanya tidak berlangsung lama. Indikasinya paling hanya beberapa hari saja.

” Paling dalam kurun waktu beberapa hari saja harga sudah normal kembali,” ujarnya menegaskan.

Masih dikatakan Budhi, termasuk harga daging ayam yang harganya melonjak mencapai kisaran Rp 45 sampai Rp48 ribu beberapa hari menjelang Ramadan. Dirinya juga memastikan harga daging ayam saat ini sudah kembali turun mendekati normal.

” Stok ayam LB (livebird), juga karkas, di tingkat pedagang saat ini cukup melimpah. Memang kemarin harganya sempat naik. Ada penambahan suplai dari daerah Jawa,” ucapnya.

Selanjutnya Budhi mengharapkan, pasokan tambahan komoditas daging ayam dari daerah di kawasan Jawa, tidak tersendat kegiatan pembatasan larangan mudik menjelang Idulfitri 1442. H. Sehingga tidak akan berdampak terhadap fluktuasi harga daging ayam di pasaran.

” Diharapkan, suplai daging ini bisa membuat harga tetap stabil menjelang lebaran,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Peternakan Kabupaten Cianjur, Parwinia memastikan, sejauh ini komoditas yang menjadi produk ketahanan pangan relatif mencukupi. Bisa memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat selama Ramadan hingga Lebaran nanti. Komoditasnya meliputi produk sektor peternakan, perikanan, maupun pertanian.

” Food secure (ketahanan pangan), kita relatif mencukupi menghadapi Lebaran,” kata Parwinia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here