Pedagang bendera. mulai penuhi pinggir jalan untuk menjajakan dagangannya

Liputan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Jelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, para pedagang musiman mulai jajakan barang dagangannya di pinggir jalan. Adapun barang yang dijajakannya, berupa bendera merah putih berbagai model dan ukuran dengan harga yang variatif.

Ditemui di lokasi dagang di jalan Raya Sukabumi Cikaret Cianjur, Ruslan (28) mengatakan, banyak teman sekampungnya yang jualan bendera.

“Daripada nganggur nggak ada kegiatan, saya diajak teman jualan, walaupun gajinya nggak seberapa karena sistem persentase, ya pintar-pintar jual aja buat gaji saya,” kata Ruslan, Selas (31/7).

Berbagai model bendera dan ukuran yang berbeda, dengan harga yang bervariatif. Mulai dari Rp. 5000,- sampai ratusan ribu, mereka jajakan.

Disinggung mengenai pendapatan perhari, Ruslan tidak bisa memberikan jawaban pasti. Karena pedagang yang sama di sepanjang jalan tersebut tidak hanya dia saja, melainkan masih ada pedagang yang lain.

” Yang jualan bendera disini banyak pak, tidak hanya saya saja, di sepanjang jalan ini saja ada tiga orang yang jualan bendera, jadi pendapatan saya tidak menentu, kalau lagi rame paling hanya mencapai Rp. 500.000,- sampai Rp. 750.000,- dipotong setoran sama sisa makan paling dapat Rp. 100.000,- sampai Rp. 150.000,-. Untuk tahun ini, jualan bendera kaya gini kalah sama orang Garut,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Dik-dik (28) teman selapak Ruslan berjualan. ” Bener pak, kalau jualan begini pintar-pintar kita aja nawarin barangnya, yang penting bisa setor sama majikan, untuk selebihnya kan buat biaya operasional selama berjualan,” kata Dik-dik.
Ada benarnya usaha yang dijalankan Ruslan dan Dik-dik, daripada tidak ada kerjaan mereka memilih berjualan untuk mendapatkan penghasilan.

Masih di lokasi yang sama, seorang pembeli mengatakan, bendera yang ditawarkan memang agak sedikit mahal. “ Tapi saya juga paham akan hal itu, pasca kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu, harga-harga kan ikut naik,” kata dia sambil tersenyum menyindir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here