Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Jelang Haol Eyang Dalem Pasir Yang 13, Senin (24/8), seluruh pengurus dan warga Desa Cihea Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, nampak sibuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk keperluan acara tersebut.

Dapat dipastikan, pada acara haolan tersebut, Desa Cihea akan diserbu para peziarah dari berbagai daerah. Mereka datang bukan hanya dari wilayah Jawa Barat saja, melainkan ada juga yang datang dari Banten, Jawa Tengah dan Sumatra.

Keadaan tersebut, nampaknya dapat mendatangkan rezeki bagi warga dan pelaku usaha. Karena itu, Cihea selama acara haolan seakan disulap menjadi pusat keramaian.

Betapa tidak, puluhan pedagang pakaian, kitab, minyak wangi, buah- buahan, makanan, minuman ringan dan pedagang lainnya berdatangan untuk mengadu nasib berjualan di tempat yang telah disediakan pihak panitia.

Kepala Desa Cihea Ade Supriatna (59) mengatakan, selain menjadi Kepala Desa Cihea juga pihaknya menjadi pengurus makam Eyang Dalem Pasir.

Disinggung tentang acara haolan, Ade Supriatna menyebutkan, dilaksanakan haol secara meriah itu diawali pada tahun 2007. Meski jalan menuju makam masih merupakan jalan setapak dan terjal, namun tetap banyak dikunjungi para peziarah.

Apalagi sekarang jalannya sudah bagus, dicor beton dan hotmix. Hingga bisa dilalui mobil dan motor. Tentunya acara haolan Eyang Dalem Pasir akan semakin meriah. Karena itu, sebagai pengurus, pihaknya sekarang tengah sibuk menyediakan berpagai fasilitas.

Seperti diantaranya menyediakan kios untuk para pedagang. Tempat parkir mobil, motor dan menyediakan berbagai fasilitas lainnya. Pelaksanaan haul akan dilaksankan selama dua hari. Mulai Senin (248) hingga Selasa (25/8). Hal itu dilakukan karena banyaknya pengunjung yang datang dari berbagai daerah, hingga memerlukan cukup waktu.

Menurut rencana, pada acara pembukaan haol, Plt Bupati Cianjur beserta jajarannya akan datang bersama para ulama, kiyai ternama di Kabupaten Cianjur dan akan memimpin acara tawasulan.

“ Kami berharap, acara haloan Eyang Dalem Pasir dapat terlaksana dengan tertib, lancar dan aman,” ujar Ade Supriatna.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kecamatan Haurwangi Budiman (54) menambahkan, dengan akan dilaksanakannya haol Eyang Dalem Pasir, pihaknya merasa beryukur. Karena seluruh elemen masyarakat termasuk Karang Taruna ikut andil membenahi seluruh tempat acara haolan.

Tidak naya itu saja, pada pelaksanannya nanti para pemuda dan Karang Taruna kan mengatur parkir berbagai macam kendaraan. Mereka bertugas menjadi petugas keamanan dan membantu tamu yang tidak mengetahui tempat umum lainnya.

“ Selain itu, kami mengucapkan terima kasih pada Kepala Desa Cihea beserta jajarannya yang telah ikut andil mempersiapkan acara haulan,” ucap Budiman, Minggu (23/08).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here